Rabu, 20 November 2019
23 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Keuangan / Bank Syariah Musti Terkoneksi e-Commerce
Foto|Nazarudin.Sharianews.com
Keterlibatan bank syariah dalam industri e-commerce bisa menjadi ajang promosi, menunjukkan bahwa dari sisi teknologi bank syariah tidak kalah dengan bank konvensional.

Sharianews.com, Jakarta~ Perbankan syariah diharapkan bisa membangun dan memperkuat hubungan dengan platform e-commerce sebagai salah strategi memperbesar skala ekonomi syariah di tanah air, ujar seorang pengamat.

Pengamat ekonomi syariah Irfan Syauqi Beik mengatakan salah satu cara mengembangkan perbankan syariah adalah menggunakan jasa-jasa keuangan, seperti e-commerce.

Menurut dia, selama ini transaksi-transaksi e-commerce itu dilalukukan melalui bank konvensional. “Ada beberapa bank yang sangat sering dipakai transaksi oleh e-commerce,” jelas Syauqi, kepada Sharianews.com, akhir pekan lalu.

Hal ini menjadi tantangan perbankan syariah untuk bisa melakukan penetrasi ke pasar itu menjadi medium of transaction.

“Jadi agar transaksi e-commerce itu menggunakan jasa bank syariah,” papar Syauqi.

Keterlibatan bank syariah dalam industri e-commerce bisa menjadi ajang promosi, menunjukkan bahwa dari sisi teknologi bank syariah tidak kalah dengan bank konvensional.

Irfan yang juga Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Syariah, Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB) melihat, transaksi online e-commerce dan ekonomi kreatif terus berkembang.

Karena itu, menghubungkan antara perbankan syariah dan kegiatan e-commerce sangat penting.

Menurut Irfan, koneksi antara perbankan syariah dengan sektor riil harus diperkuat agar bisa mendorong perekonomian nasional, agar bisa terus hidup.

Karena tantangan saat ini adalah masih ada persoalan fundamental ekonomi seperti masih tingginya angka pengangguran dan kemiskinan meksi pertumbuhan ekonomi sudah mencapai 5,2 persen.

“Diibaratkan dengan bus, bank syariah ini busnya sudah mulai besar, tetapi penumpangnya masih sedikit,. Sehingga tugasnya adalah bagaimana meningkatkan jumlah penumpang yang ingin naik bus ini,” ujar Irfan.

“Jadi tantangannya, bagaimana kemudian me-linkage, antara sektor riil dengan perbankan syariah.”

 

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: nazarudin