Sabtu, 25 Mei 2019
21 Ramadan 1440 H
Home / Keuangan / Bank Syariah BUMN Dorong Pembentukan LinkAja Syariah
FOTO I Dok. Arif sharianews.com
LinkAja Syariah adalah platform pembayaran digital syariah dan uang elektronik yang dikelola secara syariah.

Sharianews.com, Jakarta ~ Komite Nasional Keuangan Syariah mengumumkan dimulainya kerja sama antara empat bank syariah milik BUMN yakni Bank Mandiri Syariah, BNI Syariah, BRI Syariah, serta BTN Syariah dengan PT Fintek Karya Nusantara pemilik produk aplikasi pembayaran LinkAja.

Komitmen tersebut tertuang dalam nota kesepahaman “Pengembangan Sistem Pembayaran Digital yang Dikelola secara Syariah” untuk mengembangkan LinkAja Syariah sebagai platform pembayaran digital syariah dan uang elektronik yang dikelola secara syariah. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani di Gedung Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Selasa (14/5)

Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS Afdhal Aliasar mengatakan, ke depan KNKS mengharapkan LinkAja Syariah menjadi sistem pembayaran digital yang mampu mendukung ekosistem digital ekonomi syariah, yang merupakan suatu ekosistem yang terhubung dengan sistem perdagangan e-commerce, produk keuangan syariah, pariwisata halal serta melayani transaksi dana sosial keagamaan, seperti infak, zakat dan wakaf dengan masjid-masjid dan lembaga zakat di seluruh Indonesia.

“Masyarakat Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia, seiring dengan berkembangnya teknologi dan pola bisnis yang demikian cepat membutuhkan sistem pembayaran digital syariah yang mampu meIayani kebutuhan tersebut. Bersama-sama kita akan mewujudkan hal itu," ungkap Afdhal

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut, dilakukan seusai peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024.

MEKSI 2019-2024 diluncurkan untuk menjawab tantangan, sekaligus menyusun peta jalan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, guna mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Pengembangan ekonomi syariah harus melibatkan berbagai sektor lain yang terintegrasi dalam sistem ekonomi berlandaskan syariah. Sistem tersebut harus mampu mengupayakan pertumbuhan yang berlangsung pada sektor keuangan syariah, memiliki dampak langsung dan signifikan terhadap pertumbuhan sektor riil, yang secara fundamental menjadi fokus utama dalam sistem ekonomi Islam. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo