Rabu, 28 Juli 2021
19 Thu al-Hijjah 1442 H
Home / Keuangan / Bank Nagari Ingin Konversi, Wapres: Pemerintah Berkomitmen Jadikan Indonesia Pusat Keuangan Syariah Dunia
Foto dok. Instagram/Ma'ruf Amin
Dapat laporan terkait langkah-langkah yang telah dilakukan dalam pengonversian Bank Nagari menjadi bank syariah

Sharianews.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah melalui konferensi video.

Ia mencertiakan mendapatkan laporan terkait langkah-langkah yang telah dilakukan dalam pengonversian Bank Nagari menjadi bank syariah dan proses pengembangan layanan perbankan syariah yang nantinya akan diberikan Bank Nagari.

“Saya tegaskan bahwa komitmen pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat keuangan syariah dunia telah ditunjukkan melalui aksi-aksi nyata,” ujar Wapres, mengutip instagramnya, Sabtu (26/06).

Beberapa diantaranya dengan membentuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) melalui Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2020 dan penggabungan 3 bank syariah di bawah naungan Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

Dalam skala mikro, dengan melihat potensi yang besar di daerah, pemerintah juga mendorong pengonversian Bank Pembangunan Daerah (BPD) menjadi bank syariah.

Karena itu, untuk semakin memperkuat ekosistem keuangan syariah di Indonesia, konversi BPD yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Bank Nagari, menjadi bank syariah harus dipercepat. Ia berharap konversi bisa segera terwujud.

“Saya juga berpesan agar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus mengintensifkan koordinasi dengan KNEKS dan Otoritas Jasa Keuangan agar proses konversi Bank Nagari menjadi bank syariah dapat berjalan dengan baik,” kata Wapres.

Ke depan nantinya Bank Nagari dapat terus menjaga mutu layanannya sehingga kepercayaan para nasabah untuk bertransaksi syariah dapat terus meningkat.

Rep. Aldiansyah Nurrahman