Minggu, 17 Oktober 2021
11 Rabi‘ al-awwal 1443 H
Home / Keuangan / Bank Muamalat Tunjuk Agung Danarto Jadi DPS
Foto dok. Muhammadiyah
RUPSLB memutuskan mengubah susunan kepengurusan.

Sharianews.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Muamalat Indonesia Tbk  yang digelar 30 Agustus 2021 memutuskan mengubah susunan kepengurusan.

Dalam risalah RUPSLB yang diterima Jumat (03/09) menyatakan dengan suara bulat memutuskan untuk menunjuk Agung Danarto sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah (DPS), yang baru.

Maka susunan selengkapnya Dewan Pengawas Syariah Perseroan menjadi sebagai berikut:

Dewan Pengawas Syariah

Ketua: Sholahudin Al-Aiyub

Anggota: Siti Haniatunnisa

Anggota: Agung Danarto

Dengan ketentuan bahwa pengangkatan Agung Danarto selaku anggota DPS Perseroan akan berlaku efektif setelah memperoleh persetujuan dari OJK.

Dalam hal yang bersangkutan tidak memperoleh persetujuan dari OJK, maka pengangkatan yang bersangkutan menjadi batal, tanpa diperlukan lagi suatu keputusan dari Rapat Umum Pemegang Saham.

“Menyetujui pemberian kuasa kepada Direksi guna mewakili Perseroan untuk menandatangani perjanjian dengan Agung Danarto  sehubungan dengan pengangkatannya selaku anggota DPS Perseroan,” demikian bunyi risalah tersebut.

Lalu, menyetujui pemberian kuasa kepada direksi dengan hak substitusi, untuk menyatakan kembali keputusan berkenaan dengan pengangkatan anggota DPS Perseroan tersebut ke dalam akta Notaris dan memberitahukannya kepada pihak yang berwenang dan sehubungan dengan hal tersebut untuk melakukan segala sesuatu yang diperlukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku

Sebagai informasi, Agung Danarto lahir di Kulonprogo, 24 Januari 1968. Ia merupakan lulusan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan jurusan Tafsir Hadis pada tahun 1989.

Agung melanjutkan pendidikan S2 dan telah meraih Master pada jurusan Studi Islam di IAIN Alauddin Makassar tahun 1994.  Tidak hanya berhenti di jenjang magister, Beliau melanjutkan studi doktoralnya dengan jurusan yang sama yaitu studi islam di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Setelah menyelesaikan Pendidikan magisternya, ia diangkat menjadi seorang dosen di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari maret 1994 sampai sekarang. Sepanjang karirnya, ia dipercaya menduduki berbagai jabatan diantaranya sekretaris umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tahun 2010 hingga 2015 dan menjadi sekretaris pada tahun 2015 hingga sekarang.

Rep. Aldiansyah Nurrahman