Rabu, 20 Januari 2021
07 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Keuangan / Bank Muamalat Akan Dapat Dana Rp3 Triliun dari BPKH
Foto dok. Istimewa
Investasi BPKH di Bank Muamalat dalam dua bentuk.

Sharianews.com, Jakarta - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. akan mendapatkan suntikan dana sebesar Rp3 triliun dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Investasi BPKH di Bank Muamalat dalam dua bentuk.

Anggota Badan Pelaksana BPKH Iskandar Zulkarnain menjelaskan investasi yang dilakukan BPKH dalam dua tingkat, bentuk investasi tingkat satu dalam bentuk saham senilai Rp1 trilun dan investasi tingkat dalm bentuk sukuk subordinasi sebesar Rp2 trilun.

Proses investasi di Bank Muamalat, lanjut Iskandar, sesuai dengan Rencana Investasi Tahunan (RIT) yang tertuang dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKAT). "Prosesnya sekarang sudah ada kajian dari lembaga eksternal, sekarang tinggal proses internal di kita. Mudah-mudahan dapat segera kita proses," tambahnya, dalam konferensi, Rabu (13/01).

Kemudian, setelah proses internal akan ada proses persetujuan Dewan Pengawas BPKH. Tahapan tersebut sesuai perencanaan di RIT dan RKAT. Setaah itu baru dilakukan esksekusi.

Lebih lanjut, Iskandar mengungkapkan terdapat beberapa sektor yang akan dijajaki untuk investasi dana kelolaan haji tahun 2021. Sektor yang terkait dengan ekosistem perhajian masih menjadi sektor utama. Kemudian, pihaknya juga tengah menimbang peluang investasi di beberapa sektor yang potensial seperti pendidikan, kesehatan, dan terkait dengan sektor-sektor keuangan.

Investasi itu, menurutnya, sesuai dengan kaidah maqashid syariah. “Sehingga investasi 2021 tentunya kita sesuaikan dengan kondisi yang ada,” ujarnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman