Selasa, 18 Juni 2019
15 Shawwal 1440 H
Home / Keuangan / Bank Kalsel Syariah Targetkan 5000 Nasabah Tabungan Haji Tahun 2018
Foto: Dok. Bank Kalsel
Bank Kalsel Syariah mendapat kepercayaan dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk menjadi bank penerima setoran haji sejak Juni lalu. Hingga kini 4000-an nasabah sudah membuka tabungan haji Ar Rahman.

Bank Kalsel Syariah mendapat kepercayaan dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk menjadi bank penerima setoran haji sejak Juni lalu. Hingga kini 4000-an nasabah sudah membuka tabungan haji Ar Rahman.

Senior Executive Vice President Bank Kalsel, Agus Syabarrudin mengatakan, pihaknya baru akan meluncurkan tabungan haji ini pada September 2018.

“Setelah launching kami akan lebih aktif lagi memasarkannya. Mudah-mudahan jumlah nasabahnya (number of customer) bisa bertambah. Dari sisi pengendapan dananya juga bertambah. Dan yang paling penting, kami bisa melayani lagi keinginan masyarakat Kalimantan Selatan untuk berhaji,” ujarnya kepada Sharianews.com.

Syabar menuturkan, jumlah jamaah haji Provinsi Kalimantan Selatan terbesar kedua setelah Sulawesi Selatan secara nasional. Dengan potensi besar ini, ia menargetkan, dengan program pemasaran yang baik, jumlah nasabah tabungan haji Ar Rahman dapat meningkat hingga lebih dari 5000 penabung.  

“Sekarang nasabah kami ada 4000-an. Mereka sudah menabung, tapi belum mencapai Rp 25 juta. Sesuai ketentuan, jika tabungan sudah mencapai Rp 25 juta itu baru dapat daftar tunggu haji,” paparnya.

Menurutnya, waktu tunggu keberangkatan haji di Kalimantan Selatan saat ini mencapai 15- 20 tahun. “Sebagai banknya orang Banua (sebutan untuk desa besar yang terdiri dari beberapa buah anak kampung yang ada di Kalimantan Selatan), ini saat yang tepat untuk buka tabungan haji di Bank Kalsel Syariah,” imbuhnya.  

Ia menambahkan, banyak keuntungan yang didapat nasabah. Mulai dari setoran awal yang sangat ringan sebesar Rp. 1 juta, terhubung dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) sehingga aman dan langsung mendapatkan porsi keberangkatan ke Tanah Suci, dan bisa melalui seluruh unit kerja Bank Kalsel, baik konvensional maupun syariah.

“Potensi besar tabungan haji ini salah satu yang akan meningkatkan kinerja Bank Kalsel Syariah,” jelasnya.

Tabungan Haji Ar-Rahman merupakan layanan Bank Kalsel Syariah kepada nasabah yang memiliki niat suci untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Tabungan untuk memenuhi syarat dan jumlah ongkos naik haji ini dikelola berdasarkan akad Mudharabah Muthlaqah.

Mudharabah Muthlaqah adalah transaksi penanaman dana dari pemilik dana (nasabah) kepada pengelola dana (bank) untuk melakukan kegiatan usaha tertentu yang sesuai syariah dengan pembagian hasil usaha antara kedua belah pihak berdasarkan nisbah yang telah disepakati sebelumnya.

Melalui surat keputusan No.9/BPKH.00/2018, BPKH menetapkan Unit Usaha Syariah Bank Kalsel sebagai penerima setoran biaya penyelenggaran ibadah haji (*)

Achmad Rifki