Senin, 17 Juni 2019
14 Shawwal 1440 H
Home / Lifestyle / Bank Infaq Resmi Beroperasi Untuk Seluruh Kota Indonesia

Sharianews.com, Youth Entrepreneur Summit (YES) sangat penting untuk mengembangkan ekonomi umat. Momentum ini juga dijadikan untuk peresmian Bank Infaq oleh pebisnis Indonesia sekaligus penggagas ide tersebut, yakni Sandiaga Uno.

Acara yang telah berlangsung beberapa waktu di berbagai kota Indonesia, Sandi memilih Kota Jakarta sebagai penutup rangkaian acara. Tepatnya di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Peresmian Bank Infaq yang ditandai dengan penandatanganan piagam, dipilih sebagai pembuka rangkaian acara YES hari terakhir di Jakarta, yang diakui Sandi melibatkan anak-anak muda.

“Pastikan mereka (anak muda) jadi bagian dan diajak dengan menggunakan bahasa yang dimengerti seperti musik, bicara mengenai art (seni), bicara ekonomi kreatif, itu yang bisa menarik perhatian mereka,” jelas Sandi.

Dalam penjelasannya, Bank Infaq merupakan lembaga yang berbasis Masjid dan Masjlis Taklim. Di mana Yayasan Gerakan Infaq Dunia lah yang membawahi program dengan tujuan menerima infaq dan menyalurkannya dalam bentuk pinjaman dana kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kita harus optimis, fokus terus terhadap ekonomi, isu-isu kewirausahaan dengan anak muda. Seperti hari ini, kalau kita bisa kelola momentum seperti ini, 7 hari ke depan saya bisa sangat optimis,” lanjut Sandiaga.

Sementara kelebihan dari Bank Infak ini berupa pinjaman tanpa bunga sebagai upaya menghindari praktik ribawi. Kemudian pengembalian pinjaman dengan cicilan, proses peminjaman yang mudah dan sesuai ketentuan syariat, dapat menjadi investasi akhirat bagi anggotanya.

Selain itu, juga membantu memajukan perekonomian umat, percepat hubungan silaturahim dan ta’awun dalam masyarakat, serta untuk menggalakkan infaq pada masyarakat.

Sejauh ini, bank infak telah membuka dua cabang yakni Bank Infaq Al Barokah, Lebak Bulus dan Bank Infaq Al Ihsan, Cipete. Kedepannya akan ditambah ke berbagai kota lainnya.

 

Reporter: Fathia Rahma Editor: Achi Hartoyo