Rabu, 27 Oktober 2021
21 Rabi‘ al-awwal 1443 H
Home / Haji umrah / Asrama Haji Didorong Jadi Destinasi Manasik Haji
Foto dok. Kemenag
Asrama juga bisa dioptimalkan sebagai pusat titik kumpul jemaah haji dan umrah sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Sharianews.com, Makassar - Asrama haji didorong untuk dijadikan sebagai destinasi manasik haji. Selain itu, asrama juga bisa dioptimalkan sebagai pusat titik kumpul jemaah haji dan umrah sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar mengajak Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan fasilitas yang ada di Asrama Haji.

"Mendorong dan mengharapkan para penyelenggara haji dan umrah, PPIU dan PIHK, khususnya di Sulsel agar menjadikan Asrama Haji Sudiang sebagai destinasi manasik haji serta pusat titik kumpul jemaah calon haji dan umrah sebelum diberangkatkan ke tanah suci, sehingga lebih efektif dan efesien," kata Nizar, dalam kegiatan Jagong Masalah Umrah dan Haji (Jamarah), di Makassar, Jumat (02/10).

Pada kesempatan itu pula, Nizar menjelaskan bahwa kepastian penyelenggaraan umrah  masih menunggu pengumuman dan izin dari Arab Saudi. Belum ada informasi resmi yang disampaikan berkenaan dengan kemungkinan akan diizinkannya keberangkatan jemaah umrah asal Indonesia.

“Kita masih menunggu dan berkoordinasi dengan pihak perwakilan di KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) Jeddah. Potensi dan harapan untuk Indonesia masih ada. Karenanya kita sama-sama berdoa semoga nama Indonesia masuk dalam list yang dikeluarkan Arab Saudi,” terang Nizar.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Kontrak Kerjasama antara Kanwil Kemenag Prov. Sulsel, UPT Asrama Haji Sudiang Makassar dan Assosiasi PPIU di Sulsel. Ada tiga asosiasi yang mewakili, yaitu: Kesthuri, Amphuri dan Himpuh. Kerja sama ini terkait penggunaan fasilitas Asrama Haji Embarkasi Makassar.

Rep. Aldiansyah Nurrahman