Senin, 1 Juni 2020
10 Shawwal 1441 H
Home / Keuangan / Aset BTM Lebih dari Rp1 Triliun
FOTO I dok. pcmbligo.or.id
Total aset yang mencapai Rp1 triliun tersebut terdiri dari kinerja lembaga keuangan mikro jenis primer, sekunder, dan induk.

Sharianews.com, Jakarta ~ Direktur Eksekutif Induk Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM), Agus Yuliawan menyampaikan, jumlah total aset BTM mencapai lebih dari Rp1 triliun.

Total aset yang mencapai Rp1 triliun tersebut terdiri dari kinerja lembaga keuangan mikro jenis primer, sekunder, dan induk.

“Secara overall aset yang dimiliki BTM, yang merupakan lembaga keuangan mikronya Muhammadiyah, jika dijumlahkan mulai dari Lampung, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten, total asetnya lebih dari Rp1 triliun,” papar Agus, saat dihubungi Sharianews akhir pekan lalu.

BTM sendiri terbagi dua basis, yakni Lembaga Keuangan Mikro Syariah dan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah. Terkait pengawasan, Agus mengungkapkan, BTM-BTM primer yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia diawasi oleh Pusat, yakni Koperasi Sekunder BTM.

“Peran dari Koperasi Sekunder itu membuat regulasi, melakukan supervisi, pengawasan, pengembangan sumber daya manusia, sampai kepada akses permodalan,” ujar Agus.

Koperasi Sekunder BTM menerbitkan rapot setiap satu semester kepada koperasi-koperasi anggota atau BTM primer. Rapot tersebut menginformasikan kondisi BTM primer, apakah sehat atau tidak, merah atau biru. Jika dinilai merah atau tidak sehat, akan diundang untuk diberikan solusi atau bantuan.

“Kalau koperasinya sehat, maka untungnya akan besar, akan bermanfaat terhadap masyarakat,” imbuh Agus.

BTM sendiri, di tahun 2019 ini, menargetkan pendirian jaringan koperasi syariah di Kalimantan, Sumatera dan Pantura (Pati, Rembang, Kudus, Jepara, Demak dan Blora). (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: