Minggu, 22 Mei 2022
21 Shawwal 1443 H
Home / Keuangan / Asbisindo Kembangkan Tabungan Gaul
FOTO I Dok. bprshik.co.id
Alfi mengharapkan tabungan ini bisa menggaet pasar milenial.

Sharianews.com, Jakarta ~ Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harta Insan Karimah (HIK) sedang mengembangkan inovasi produk tabungan digital. Rencananya, produk ini akan dikembangkan dengan seluruh BPRS di Indonesia di bawah naungan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisnido).

Direktur Utama BPRS HIK, Alfi Wijaya menjelaskan, tabungan digital ini bernama Tabungan Gaul. Alfi mengharapkan tabungan ini bisa menggaet pasar milenial.

“Konsepnya mirip dengan tabungan rencana, tetapi aksesnya lewat android, daftarnya juga di android,” jelasnya menegaskan, saat ditemui Sharianews.com, belum lama ini.

Alfi mengungkapkan, inovasi untuk penghimpunan dana HIK mengikuti Absindo. Bila dijalankan sendiri, akan memerlukan investasi yang cukup besar, sementara melalui Asbisindo akan dikelola bersama. Rencana ini sudah dimasukan dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) HIK.

Selain itu, HIK sedang menjajaki kerja sama dengan beberapa fintech dalam mengembangkan bisnisnya. Ada tiga model yang direncanakan dalam sinergi ini.

Pertama, fintech bisa jadi sarana BPRS untuk mencari nasabah yang kelebihan dana. Kedua, BPRS punya kelebihan dana, tetapi kesulitan mencari nasabah pembiayaan, peran fintech menjadi mediator nasabah yang membutuhkan dana. Ketiga, BPRS punya dana dan calon nasabah, fintech akan menyeleksi nasabah yang paling potensial.

Tiga model rencana sinergi ini sudah didiskusikan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dicari skema yang paling tepat. BPRS HIK sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa fintech terkait model kerja sama ini, salah satunya dengan Investree. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo