Rabu, 27 Oktober 2021
21 Rabi‘ al-awwal 1443 H
Home / Global / Arab Saudi Buka Kembali Ibadah Umrah untuk Jemaah dari Luar Negeri
Foto dok. Kemenag

Sharianews.com, Pemerintah Arab Saudi mengumumkan pembukaan ibadah umrah bagi jemaah yang sudah divaksinasi Covid-19 dari luar negeri dibuka pada hari ini, Senin (09/08). Sebagaimana diumumkan melalui media pemerintah Arab Suadi (Saudi Press Agency) kemarin.

Adapun perihal jumlah jemaah umrah, Saudi membuat keputusan jemaah umrah dibatasi maksimal 2 juta orang per bulan.

 “Jemaah dari luar negeri harus menyertakan sertifikat vaskin Covid-19 resmi bersama dokumen haji dan umrah lainnya,” jelasnya, tertera dalam Saudi Press Agency.

Kendati demikian, laporan itu menyebut kalau jemaah umrah dari negara-negara yang masuk di daftar larangan masuk Arab Saudi akan diterapkan karantina institusional pada saat kedatangan.

"Jemaah wajib sudah divaksinasi, termasuk dari negara Arab Saudi. Dilanjutkan proses karantina pada saat kedatangan," tambah laporan itu.

Pemerintah Saudi sendiri diketahui hanya mengakui empat jenis vaksin, yakni Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Johnson & Johnson. Sementara itu, bagi yang telah melakukan vaksinasi dengan menggunakan vaksin diluar empat vaksin tersebut masih bisa melakukan umrah.

Namun, mereka harus menerima vaksin booster dari dengan menggunakan empat vaksin yang diakui oleh Riyadh

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: