Jumat, 6 Desember 2019
09 Rabi‘ at-akhir 1441 H
Home / Lifestyle / Aplikasi Marketplace Qabul, Gerakkan Ekonomi Syariah Secara Digital
Badar Basmalah CEO Qabul dan Aktor sekaligus pengguna aplikasi Qabul, Dimas Seto saat soft launching Qabul. foto/dok.romy
Aplikasi Qabul diharapkan dapat menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan umat Muslim di Indonesia.

Sharianews.com, Jakarta ~ Qabul Indonesia meluncurkan sebuah marketplace bagi umat Muslim bernama Qabul. Perusahaan startup yang berfokus pada umat Muslim ini, memiliki tujuan untuk mempersatukan umat Muslim dalam menggerakkan perekonomian syariah secara digital. Selasa (26/11).

Badar Basmallah, Chief of Executive Officer Qabul Indonesia menyampaikan, aplikasi Qabul diharapkan dapat menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan umat Muslim di Indonesia.

"Saat ini, aplikasi Qabul dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual beli secara online, namun kami tidak berhenti sampai disitu. Pada tahun 2020 aplikasi Qabul dapat digunakan untuk memesan perjalanan haji khusus dan umrah, membeli hewan qurban, dan membayar zakat. Kami juga membuka pintu sebesar-besamya bagi para pedagang, pengusaha, pemilik biro jasa umrah dan haji, serta petemak untuk bergabung ke dalam keluarga Qabul," ucapnya dalam soft launching Qabul di Conclave, Jakarta.

Ia menerangkan, untuk saat ini aplikasi Qabul sudah terintegrasi dengan 2 pihak travel agen, dan 4331 produk.

Aplikasi ini sudah tersedia di platform android googleplay dan sudah diunduh sebanyak 683 pengguna.

Aktor dan Penggagas Kajian Musawarah yang merupakan pengguna aplikasi Qabul, Dimas seto mengungkapkan dukungannya terhadap Qabul.

"Yang berbeda dari Qabul, saat ini apIikasi yang ada mungkin hanya memenuhi umat dalam hal informasi beribadah. Tetapi Qabul tidak hanya memberikan informasi umat dalam beribadah, tapi juga dapat meningkatkan perekonomian umat," ungkap Dimas.

Di dalamnya, lanjut dikatakan Dimas, melibatkan UMKM dan bisnis-bisnis lain yang berbasis syariah. Selain itu, Qabul juga merupakan produk atau aplikasi buatan dalam negeri, dimana Indonesia merupakan negara dengan umat Muslim terbesar di dunia.

Qabul memiliki dua tujuan dalam bisnisnya. Pertama menyediakan kebutuhan Muslim dalam memenuhi kegiatan beragama yang berbeda dengan lainnya. Kedua untuk menyatukan perekonomian syariah secara digital melalui sebuah aplikasi.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Qabul menjalankan bisnis tersebut secara Amanah (jujur, dapat dipercaya/transparan), Siddiq (benar, mengikuti Quran dan Hadist serta peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia), dan Ta'awun (berjamaah, bersama-sama). (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo