Minggu, 24 Januari 2021
11 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Lifestyle / Aplikasi E-Istiqlal, Menag: Penanda Dimulainya Modernisasi Pengelolaan Masjid
Foto dok. Simas Kemenag
Selama ini masjid telah menjadi mitra strategis pemerintah

Sharianews.com, Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi mendukung modernisasi pengelolaan manajemen masjid. Menurutnya hal ini akan berdampak pada perluasan peran masjid dalam pembangunan di Indonesia.

Fachrul mengungkapkan peluncuran aplikasi E-Istiqlal adalah penanda dimulainya modernisasi pengelolaan masjid di Indonesia. Ini dinilainya merupakan langkah besar untuk mendorong peran yang lebih luas dari masjid-masjid di Indonesia.

Fachrul menyatakan, selama ini masjid telah menjadi mitra strategis pemerintah dalam membangun dan merawat Indonesia.

"Masjid Istiqlal adalah salah satu institusi yang sedang dikembangkan perannya agar memiliki peran yang lebih luas dalam pembangunan," ungkapnya, saat menghadiri peluncuran E-Istiqlal yang digelar Badan Pengelola Masjid Istiqlal, di Jakarta, Kamis (27/08).

Aplikasi berbasis komunitas yang diberi nama E-Istiqlal ini memiliki fitur serta konten yang ditujukan untuk mendukung berbagai aktivitas para pengguna secara daring. Baik bagi mereka yang merupakan jemaah Masjid Istiqlal, maupun masyarakat secara luas.

Ia berharap, modernisasi pengelolaan Masjid Istiqlal ini dapat menginspirasi masjid-masjid lainnya di Indonesia untuk melakukan hal serupa. 

"Tentunya ada banyak jembatan yang terbangun karena adanya aplikasi ini. Khususnya dalam menjembatani umat dengan pengelola masjid. Inilah bagian penting dari modernisasi yang positif. Kementerian Agama sangat mendorong ide besar dari badan pengelola Masjid Istiqlal ini untuk menjadikan masjid ini sebagai kiblat peradaban Islam dunia" kata Menag.

Selain itu, modernisasi Masjid Istiqlal dapat semakin memperkokoh kerukunan yang telah dibangun sejak lama.

Aplikasi E-Istiqlal ini lahir atas sinergi Bank Mega Syariah dengan Masjid Istiqlal yang menggunakan platform DOKU Zocial Super App.

E-Istiqlal merupakan aplikasi berbasis komunitas, di mana fitur serta konten di dalamnya ditujukan untuk mendukung berbagai aktivitas para pengguna secara daring, baik yang merupakan jamaah Masjid Istiqlal maupun masyarakat secara luas.

Rep. Aldiansyah Nurrahman