Senin, 17 Juni 2019
14 Shawwal 1440 H
Home / Lifestyle / Amber Von Grat, Petugas Damkar Berhijab asal Kanada
FOTO I Dok. Amber Von Grat. (Instagram/@avg.x.o)
Amber adalah muslimah berhijab pertama yang menjadi petugas Damkar di Parkland Country Fire Department.

Sharianews.com, Amber Von Grat, perempuan asal Kanada baru-baru ini mencuri perhatian warga Kanada dan warganet.

Tidak hanya cantik, Amber yang saat ini berprofesi sebagai petugas pemadam kebakaran di Kanada, merupakan muslimah berhijab. Amber adalah muslimah berhijab pertama yang menjadi petugas Damkar di Parkland Country Fire Department.

Pada umumnya, petugas Damkar didominasi oleh laki-laki, maka tidak heran ketika ada perempuan berhijab yang bergabung dalam profesi tersebut disebut sebagai perempuan tangguh.

Amber pun mengakui, ia memilih profesi tersebut lantaran ingin menginspirasi kaum perempuan.

"Aku ingin menginspirasi banyak perempuan untuk tidak takut. Apapun agamamu, dari mana kamu berasal, atau peran apa yang kamu inginkan," ujar Amber dilansir dari 660News.

Tidak hanya itu, muslimah ini juga telah menulis buku berjudul ‘Dare to Dream’. Meski pemadam kebakaran berhijab untuk saat ini cukup mudah ditemukan di negara mayoritas Muslim seperti Malaysia dan Brunei Darussalam, keberanian Amber menjadi inspirasi bagi banyak wanita.

Brian Corndforth selaku pimpinan Parkland Country Fire Department mengaku, rekuitmen sengaja dibuat terbuka untuk semua kalangan, tak melihat agama atau ras.

"Kami terbuka. Tak masalah apapun agamamu, rasmu, budayamu, selama bisa ikut serta dalam komunitas ini, memiliki respons yang baik untuk bencana kebakaran, dan bisa beradaptasi dengan baik," ujar Brian.

Brian menambahkan, Amber bisa beradaptasi dengan baik. Hanya saja dia memiliki perhatian khusus dengan bahan hijab yang dia pakai, karena ada beberapa material yang bisa cepat meleleh ketika terkena panas.

Selain memilih bahan hijab yang tepat, tantangan Amber lainnya adalah menggunakan busana yang nyaman ketika dia bertugas, pasalnya baju pemadam kebakaran cukup berat dan akan sangat mengganggu jika dia tak pandai memilih busana yang nyaman.

Meski begitu, gadis ini tetap konsisten menjalani kewajibannya sebagai muslimah untuk menutup aurat dan bekerja sebagai anggota pemadam kebakaran.(*)

 

 

Reporter: Fathia Rahma Editor: Achi Hartoyo