Sabtu, 21 September 2019
22 Muḥarram 1441 H
Home / Keuangan / Alami Kembangkan Fitur Monitoring Keuangan Pelaku UKM
FOTO | Dok. sharianews.com
Alami merupakan fintech pertama yang menjadi agegrator pembiayaan untuk UKM di Indonesia melalui pengembangan teknologi platform marketplace dan credit scoring.

Sharianews.com, Jakarta ~ PT Alami Teknologi Sharia (Alami) ke depan akan mengembangkan salah satu fitur yang berguna untuk memonitor keadaan keuangan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

CEO dan Founder Alami, Dima Djani mengatakan saat ini banyak pelaku UKM yang belum  melakukan pencatatan keuangan dengan baik, belum memahami cara perhitungan keuangan yang benar dan masih menggunakan aplikasi lawas, excel.

Ia berkaca dari temannya yang merupakan pengusaha sepeda, temannya ini tidak tahu sebenarnya usahanya itu sudah mendatangkan keuntungan atau belum, kurang memahami arus kas dan sebagainya. Maka dari itu, dengan adanya fitur monitoring ini bisa membantu dari segi keuangan.

“Soalnya bisnis itu, apalagi yang baru dibangun pasti rumit di bagian operasional. Kalau operasional dan keuangan ribet, pasti pusing banget. Jika keuangan bisa terbantu, mereka bisa fokus ke operasional,” jelas Dima, di Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Jadi Alami mau mengembangkan itu ke depannya. Bisa dibuat secara mandiri artinya Alami tanpa kerjasama dengan pihak manapun atau bisa juga bekerjasama pihak lain yang menjadi partner Alami. Ini saling terkait antara satu dengan yang lain.

Dengan fitur monitoring ini, pelaku UKM bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan dengan lebih cepat dan mudah, karena sudah terintegrasi. Selain itu, penerima pembiayaan bisa memperoleh masukan sesui dengan kebutuhan yang tepat.

 “Contohnya mau pinjam ke bank untuk modal kerja. Padahal, yang dibutuhkan adalah anjak piutang. Mereka maunya long term tetapi yang dibutuhkan short term. Hal-hal basic tersebut bisa kita berikan advice,” tutur Dima

Alami memiliki tujuan moral untuk berbuat baik, menghasilkan dampak sosial atau lingkungan yang terukur, serta membantu membangun sistem keuangan untuk semua kalangan.

Sebagai informasi, Alami adalah perusahaan rintisan teknologi dibidang keuangan atau financial technology (fintech) pertama yang menjadi agregator pembiayaan untuk UKM di Indonesia, melalui pengembangan teknologi dalam bentuk platform marketplace dan credit scoring.

Teknologi ini memfasilitasi interaksi awal antara calon penerima pembiayaan dan institusi keuangan syariah sehingga memudahkan para pihak dalam proses pembiayaan. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo