Senin, 16 September 2019
17 Muḥarram 1441 H
Home / Keuangan / Alami akan Buat Fitur Bisnis Model Sosial
FOTO I Dok. jurnalislam.com
CEO Alami Dima Djani mengatakan saat bulan Ramadan kemarin, Alami telah mengadakan beberapa kegiatan sosial.

Sharianews.com, Jakarta ~ Perusahaan fintek syariah, PT Alami Fintek Sharia berencana akan membuat fitur bisnis model sosial, zakat dan sedekah.

CEO Alami Dima Djani mengatakan saat bulan Ramadan kemarin, Alami telah mengadakan beberapa kegiatan sosial. Dari kegiatan tersebut, Alami secara perlahan belajar menerjemahkan kegiatan sosialnya ke dalam bisnis model Alami ke depannya.

“Dari dalam kita buat kegiatan buka puasa bersama anak yatim. Lalu, kita buat acara berbagi buka puasa di jalan, seperti buka puasa on the road, membagikan makanan. Kita nantinya akan mengintegrasikan impact sosial ke bisnis model kita, dari sisi zakat dan sedekah ke depannya.” jelas Dima, saat ditemui Sharianews.com, di Jakarta, Senin (10/6).

Untuk sekarang ini Alami masih fokus dengan skema peer to peer (P2P). Begitu P2P itu sudah berjalan dengan baik, Alami akan tambahkan fitur zakat dan sedekah. Diungkapkan Dima, Alami memiliki wacana untuk membuat fitur tersebut di kuartal ketiga tahun ini.

“Alami melihat yang membedakan syariah dengan tidak syariah itu bukan hanya dari struktur yang sudah terverifikasi Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) saja. Tetapi juga dari sisi maknanya buat masyarakat apa, pemberian manfaatnya apa, jadi kita memang sangat pro unutk pengembangan manfaat-manfaat fintek di masyarakat juga,” papar Dima.

Pada Ramadan kemarin, selain aktif melakukan kegiatan sosial, Alami juga melakukan kegiatan terkait peningkatan literasi keuangan syariah di masyarakat.

Sebagai informasi, Alami baru saja terdaftar secara resmi di OJK, yakni pada 30 April 2019 dan surat resminya dikeluarkan pada minggu pertama Mei 2019. Sejak surat tersebut turun, Alami telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp4,4miliar sampai akhir Mei 2019. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo