Jumat, 14 Agustus 2020
25 Thu al-Hijjah 1441 H
Home / Ziswaf / Agar UMKM Bisa "Eksis" di Sosial Media, Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Foto Produk
FOTO I Dok. galaxydigitelstudio.com
Pelatihan ini memberikan edukasi bagi UKM untuk menampilkan kemasan produk agar bisa berfungsi sebagai alat promosi dari produsen ke tangan konsumen, maupun promosi melalui media digital atau media sosial.

Sharianews.com, Jakarta ~ Guna meningkatkan daya saing UKM, Rumah Kemasan yang berada di Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa menggelar pelatihan foto produk. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang berasal dari mitra pengusaha Zona Madina dan mitra lainnya.

Pelatihan ini memberikan edukasi bagi UKM untuk menampilkan kemasan produk agar bisa berfungsi sebagai alat promosi dari produsen ke tangan konsumen, maupun promosi melalui media digital atau media sosial.

Dalam sambutannya, Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardy menyampaikan, melalui program Rumah Kemasan, diharapkan akan menjadi babak baru pengembangan produk UKM di Kabupaten Bogor dan Jabotabek.

“Hal ini dikarenakan Rumah Kemasan yang ada saat ini memiliki fungsi sebagai rumah edukasi, rumah kemas produk dan rumah konsultasi kemasan UKM. Kami siap menjadi Mitra Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi UKM dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk membawa produk masyarakat dari kemasan sederhana menjadi produk dengan kemasan modern,” tutur Yuli, Kantin Sehat Zona Madina, Bogor, akhir pekan lalu.

Banyak dari peserta kegiatan ini sudah memiliki usaha dalam waktu lama namun secara pemasaran belum maksimal, seperti Kirman.

"Saya punya produk sudah dua bulan saya mencoba usaha minuman sereh,tapi belum optimal dalam pemasaran. Dengan adanya pelatihan ini saya berharap produk saya dapat berkembang," ucap Kirman peserta workshop dari Ciseeng Bogor.

Dalam pelatihan ini peserta mendapatkan materi, praktik foto dengan smartphone dan peserta diwajibkan pula untuk membawa produk masing-masing agar bisa segera dipasarkan. Sahrawardi selaku Manager Program Zona Madina mengisi langsung workshop ini.

Pelatihan foto produk diikuti kurang lebih 20 Mitra Zona Madina, UMKM dari Kecamatan Parung, Tajur halang, Ciseeng dan Kemang.

Sementara itu, CEO Rumah Kemasan, Nur Imam Syaputra menghadiri pertemuan terkait program pembinaan dan pengembangan kemasan produk UKM bersama Kasi Ekonomi dan Pembangunan beserta Pengurus Forum UKM Kecamatan Parun Kab. Bogor. 

"Zona Madina Dompet Dhuafa selalu membuka kesempatan untuk bersinergi dengan semua UKM yang ada. Karena memang kami ada untuk tumbuh bersama UKM. Adapun agenda pelatihan akan menjadi pelatihan regular yang akan terus dilaksanakan setiap pekan dengan meliputi Pelatihan Foto Produk, Branding Product, Digital Marketing, Managemet Keuangan UKM, secara berjenjang baik untuk pemula maupun tingkat mahir," papar Imam. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo