Selasa, 31 Maret 2020
07 Sha‘ban 1441 H
Home / Keuangan / AFSI: Fintech Syariah Cerah di 2020
Masyarakat semakin menyadari adanya fintech syariah selain fintech konvensional.

Sharianews.com, Jakarta ~ Financial Technology (Fintech) syariah diyakini akan mempunyai masa depan yang sangat cerah di 2020. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya jumlah fintech syariah yang mendaftar di Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI).

Demikian disampaikan Ketua Umum AFSI Ronald Yusuf Wijaya. Ia mengatakan, AFSI setiap bulan menerima lima hingga delapan fintech baru yang mendaftar.

“Harapannya, ini benar-benar bisa sampai luas, karena AFSI di sini untuk mengedukasi masyarakat, masyarakat mengerti dulu tentang fintech lalu fintech syariah,” jelasnya menegaskan, saat acara Press Club AFPI II, di Centennial Tower, Jakarta, Selasa (14/1).

Ronald menambahkan, kasus penipuan berkedok fintech membawa sentimen postitif untuk fintech syariah berkembang. Masyarakat semakin menyadari adanya fintech syariah selain fintech konvensional. Fintech syariah tidak pernah melakukan penipuan.

Ronald mengakui, memang sebagian masyarakat masih asing dengan fintech, terutama fintech syariah. Keinginan masyarakat untuk mencari tahu perbedaan fintech syariah dengan fintech konvensional cukup tinggi, termasuk fintech legal maupun yang ilegal.

Lebih lanjut, Ronald menyampaikan, eksistensi fintech syariah bukan tanpa masalah. Setidaknya dalam dua tahun terakhir fintech syariah memiliki masalah dalam hal infrastruktur.

“Contohnya adalah payment gateway, di mana bank syariah belum punya itu, kita nggak bisa pakai payment gateway. Sedangkan yang konvensional sudah bisa meroket, kalau kita ketemu investor ‘oh kamu pakai payment gateway apa ?',” ujar Ronald.

Meski demikian, Ronald mengungkapkan dalam waktu dekat ini direncanakan akan ada infrastruktur tambahan yang akan mendukung percepatan pertumbuhan fintech syariah di Indonesia. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: