Sabtu, 8 Mei 2021
27 Ramadan 1442 H
Home / Ekbis / AFSI dan Bank Riau Kepri Berkolaborasi untuk Pengelolaan Sharia Digital Center
Foto dok. Istimewa
Kolaborasi untuk mengembangkan ekosistem finansial teknologi syariah di Provinsi Riau, Kepri dan sekitarnya.

Sharianews.com, Jakarta - Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) menandatangani nota kesepemahaman (MoU) dengan Bank Riau Kepri (BRK) untuk kerjasama “Pendirian Sharia Digital Center dan Kolaborasi Finansial Teknologi Syariah”. Penandatangan tersebut dilakukan di Sekretariat AFSI yang berlokasi di Menara Imperium Jakarta, Rabu (21/04).

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua Umum Asosiasi Fintech Syariah Indonesia, Ronald Yusuf Wijaya dan Direktur Utama Bank Riau Kepri, Andi Buchari. Hadir pula dalam penandatanganan tersebut yaitu M.A Suharto selaku Direktur Dana dan Jasa Bank Riau Kepri dan Wahyudi Gustiawan selaku Sekretaris Perusahaan serta Wakil Ketua Umum sekaligus Ketua Harian AFSI Emil Edhie Dharma serta beberapa pengurus AFSI lainnya.

Dalam sambutannya Direktur Utama BRK Andi Buchari menyambut baik kerja sama ini, ia menyampaikan pentingnya kolaborasi antara lembaga keuangan dengan fintech dalam pengembangan ekosistem bisnis digital syariah.

“Harapannya dengan hadirnya Sharia Digital Center nantinya menjadi pusat inovasi bisnis dan keuangan digital syariah,” harapnya.

Beliau juga berharap dengan adanya kerjasama ini, maka Bank Riau Kepri dapat mendorong peningkatan digitalisasi khususnya pada bidang jasa keuangan di provinsi Riau dan Kepulauan Riau dalam rangka peningkatan inklusi dan literasi pada sektor jasa keuangan.

Sementara itu, Ketua Umum AFSI Ronald Yusuf Wijaya menyampaikan bahwa AFSI berkomitmen dalam memperkuat ekosistem dan mengembangkan potensi digital syariah khususnya di Provinsi Riau dan sekitarnya secara berjamaah dengan lintas pemangku kepentingan, khususnya dengan lembaga keuangan syariah.

“Diharapkan penandatanganan MoU ini dapat menciptakan sinergi dan kerjasama yang saling menguntungkan antara BRK dan AFSI,” jelas Ronald menegaskan.

Wakil Ketua Umum sekaligus Ketua Harian AFSI Emil Edhie Dharma menambahkan, bahwa pendirian Syariah Digital Center (SDC) ini akan memiliki banyak manfaat.

“SDC ini akan diproyeksikan menjadi pusat inkubator dan kreatifitas digital bisnis syariah, pusat riset dan edukasi, co-working space serta menjadi wadah berkumpulnya komunitas ekonomi dan keuangan syariah khususnya di Provinsi Riau dan sekitarnya” pungkasnya.

Selanjutnya Syariah Digital Center (SDC) yang akan didirikan di Kantor Pusat Bank Riau Kepri, Menara Dang Merdu Pekanbaru, Riau ini akan segera memulai aktivitasnya,

“Insyaallah akan diadakan kegiatan seleksi talenta milenial digital syariah Provinsi Riau – Kepri untuk mengikuti program inkubasi produk-produk digital berbasis keuangan syariah yang dirangkai dalam kegiatan mentoring dari para ahli, financial technology company visit hingga business match-making” ungkap Budiman Indrajaya, selaku penanggungjawab kolaborasi AFSI dan BRK.

Rep. Aldiansyah Nurrahman