Minggu, 20 Oktober 2019
21 Ṣafar 1441 H
Home / Ziswaf / ACT Salurkan Hadiah Lebaran Bagi Masyarakat Palestina
"Lebaran kali ini anak-anak Palestina menerima eid gift dari zakat fitrah para dermawan. Anak-anak dapat berbelanja baju, celana, dan sepatu. Ada 178 anak penerima manfaat. Mereka adalah anak-anak keluarga yatim dan miskin di Gaza," ucap Faradiba.

Sharianews.com, JakartaPada Hari Raya Idulfitri 1440 H, Aksi Cepat Tanggap menyalurkan zakat fitrah dari para dermawan untuk masyarakat yatim dan difabel di Palestina. Berkat kebaikan para dermawan, warga Palestina bisa membawa hadiah Lebaran ke rumah dan berbagi dengan sanak keluarga.

Pihak Global Humanity Response - Aksi Cepat Tanggap (GHR-ACT) Andy Noor Faradiba mengatakan, zakat fitrah tersebut merupakan hadiah Idulfitri untuk warga Palestina. Penerima manfaat pun terdiri dari anak-anak keluarga yatim dan miskin di Gaza.

"Lebaran kali ini anak-anak Palestina menerima eid gift dari zakat fitrah para dermawan. Anak-anak dapat berbelanja baju, celana, dan sepatu. Ada 178 anak penerima manfaat. Mereka adalah anak-anak keluarga yatim dan miskin di Gaza," ucap Faradiba dalam keterangan tertulis, Senin (10/6).

Beberapa hari sebelum Lebaran, hadiah Idulfitri dari zakat fitrah diberikan oleh para dermawan. Hadiah tersebut berupa manisan dan pakaian yang telah dibagikan kepada ratusan anak di Gaza.

"Pada Sabtu (1/6) dan Senin (3/6), ACT juga menyampaikan zakat fitrah para dermawan sebagai eid gift kepada 325 anak yatim dan anak-anak dari keluarga miskin lain di Gaza," tambah Faradiba.

Pada 2018, selama 10 tahun angka disabilitas meningkat tajam semenjak 2007 hingga 2017, yakni dari 3,7 persen menjadi 6,8 persen. Hal tersebut ditengarai oleh blokade ketat Israel sejak 2007 melalui tiga perang dari Israel yang menyebabkan ribuan orang tewas, terluka, hingga mengalami cacat permanen.

"Kita targetkan sebanyak dua ratus keluarga penyandang disabilitas sebagai penerima zakat fitrah dari para dermawan di Indonesia. Mudah-mudahan dengan adanya zakat fitrah ini, mereka menyambut Idulfitri kali ini dengan sukacita," ujar Faradiba.

Sementara itu, salah satu penerima manfaat di Gaza, Khaled, turut menyambut Idulfitri kali ini dengan sukacita. Kondisi fisik tidak membatasinya untuk ikut merasakan suasana Lebaran. Pasalnya, Khaled kini hidup hanya dengan satu kaki, yakni kaki kanannya saja.

"Kami sangat berterima kasih kepada lembaga ACT dan bangsa Indonesia yang telah menyalurkan zakat fitrahnya untuk kami, bangsa Palestina. Semoga kalian semua berada dalam kebaikan Allah Swt," ujar Khaled ketika menerima zakat fitrah. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo