Minggu, 28 November 2021
23 Rabi‘ at-akhir 1443 H
Home / Lifestyle / 833 Restoran, Dapur dan Katering Sudah Bersertifikat Halal MUI
Foto dok. Pexels
101.614 menu dan berlaku saat ini.

Sharianews.com, Jakarta - Berdasarkan data dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), per Agustus 2021, ada sejumlah 883 restoran, dapur dan katering yang sudah bersertifikat halal MUI dengan 101.614 menu dan berlaku saat ini.

Artinya, ada ratusan pilihan tempat makan bersertifikat halal dengan ratusan ribu menu yang dapat dipilih masyarakat.

Dari jumlah tersebut, restoran menempati urutan terbanyak yang telah bersertifikat halal MUI, yaitu 436 restoran, diikuti 401 katering dan 46 dapur.

“Mengapa dapur menempati kelompok produk tersendiri, berbeda dengan restoran dan katering? Karena dalam menghitung kelompok produk dapur, dari suatu entitas yang disertifikasi halal hanya fasilitas dapurnya saja. Misalnya, dapur untuk hotel dan rumah sakit syariah,” jelas LPPOM MUI, dalam keterangan resminya.

Jumlah ini belum termasuk kelompok makanan instan dan siap makan, kelompok roti dan kue, serta kelompok produk lainnya yang bisa dicek di daftar produk halal. Dari 35 pengelompokan produk, ini baru tiga kelompok produk diantaranya.

Masyarakat dapat mengecek produk halal dengan sangat mudah. LPPOM MUI menyediakan layanan pengecekan produk halal melalui aplikasi Halal MUI yang dapat diunduh di Playstore.

Rep. Aldiansyah Nurrahman