Kamis, 14 November 2019
17 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Haji umrah / 65 Ribu Paspor Haji Siap Divisa
“Lebih 65 ribu paspor sudah terkumpul. Proses pengelompokan (grouping) berdasarkan kloter sudah hampir selesai, untuk selanjutnya dilakuakn proses pemvisaan,” terang Nasrullah di Jakarta, Jumat (14/6).

Sharianews.com, JakartaProses penyelenggaraan Ibadah Haji 1440H/2019M sudah memasuk tahap pemvisaan. Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Reguler, Nasrullah Jasam, mengatakan bahwa sampai saat ini sudah lebih 65ribu paspor jemaah haji yang terkumpul untuk dilakukan proses pemvisaan.

“Lebih 65 ribu paspor sudah terkumpul. Proses pengelompokan (grouping) berdasarkan kloter sudah hampir selesai, untuk selanjutnya dilakuakn proses pemvisaan,” terang Nasrullah di Jakarta, Jumat (14/6).

Ia menambahkan, data paspor jemaah yang sudah dikelompokkan berdasarkan kloter ini selanjutnya akan dikirim ke Kantor Urusan Haji (KUH) di Jeddah untuk dilakukan pemaketan layanan. Layanan tersebut antara lain mencakup akomodasi, transportasi, dan katering jemaah haji.

“Setelah melakukan pemaketan layanan, KUH KJRI di Jeddah akan menginput data tersebut ke dalam sistem pemvisaan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi,” tuturnya.

Pemberangkatan kloter pertama jemaah haji Indonesia dijadwalkan pada 7 Juli 2019. Nasrullah mentargetkan visa jemaah kloter yang masuk dalam pemberangkatan pada gelombang pertama, bisa segera selesai.

“Semoga sebelum pemberangkatan kloter pertama, visa gelombang pertama sudah selesai,” ujarnya.

Terkait dengan rekam biometrik, Nasrullah menambahkan bahwa saat ini  80 persen jemaah haji sudah melakukan perekaman. “Untuk jemaah yang belum melakukan rekam biometrik, itu bisa dilakukan pada saat berada di asrama haji sebelum keberangkatan,” tandasnya.

Berdasar .laporan harian Tim Penyelesaian dan Pemvisaan Paspor Jemaah Haji Tahun 1440H/2019 per tanggal 13 Juni 2019, masih terdapat 12 provinsi yang sama sekali belum mengirimkan paspor jemaah haji ke Sub Direktorat Dokumen dan Perlengkapan Haji Reguler. Provinsi tersebut yaitu Aceh, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Papua Barat, dan Kalimantan Utara.

Sementara tiga provinsi dengan jumlah paspor terbanyak yang telah dikirim ke Sub Direktorat Dokumen dan Perlengkapan Haji Reguler adalah Jawa Barat (20.647 paspor). Jawa tengah (8.607 paspor), dan Jawa Timur (6.319 paspor). Sedangkan jumlah paspor dengan persentase tertingggi telah terkirim ke Sub Direktorat Dokumen dan Perlengkapan Haji Reguler adalah Maluku Utara 99 persen, Kalimantan Barat 93 persen, dan Riau 82 persen. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo