Senin, 22 Juli 2019
20 Thu al-Qa‘dah 1440 H
Home / Lifestyle / 6 Sampah yang Harus Anda Lepaskan dalam Hidup
FOTO I Dok. braingrbgcomix
If you can stay positive in a negative situation, you win.

Sharianews.com, Jakarta. Banyak hal dalam kehidupan ini, yang jika Anda simpan akan menjadi sampah dan menurunkan produktifitas Anda. Sampah-sampah tersebut harus Anda lepas untuk membuat hidup Anda lebih berkualitas dan bahagia.

Apa sajakah sampah-sampah tersebut? Berikut uraiannya:

  1. Melepas prasangka buruk (Suudzon)

Agama Islam selalu mengajarkan, dalam menghadapi berbagai masalah atau problem, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah bersikap husnudzon alias berprasangka baik. Melepaskan semua prasangka buruk (suuzdon) adalah solusi awal dari setiap masalah. Bahkan pepatah mengatakan: If you can stay positive in a negative situation, you win.

  1. Melepas keraguan

Ragu-ragu adalah sifat setan. Nabi pernah bersabda: “Tinggalkanlah segala yang meragukanmu dan ambillah yang tidak meragukanmu. Kejujuran akan mendatangkan ketenangan. Kedustaan akan mendatangkan kegelisahan.”
Sifat ragu selalu mendatangkan kepesimisan, lepaskan semua sikap ragu untuk menentukan pilihan.

  1. Melepas sikap malas

Malas tidak akan membuat Anda maju. Lepaskan sikap ini untuk mencapai tujuan yang ingin Anda capai. Jika Anda bangun pagi dengan rasa malas, segeralah mandi dengan air dingin. Segera awali aktivitas Anda setelah mandi. Dengan kerja keras akan mengubah hidup Anda. Ingatlah! Memperbaiki diri sendiri, bahagia, sehat dan bersikap baik akan membuat Anda memiliki kehidupan yang indah.

  1. Melepas sikap buruk

Memiliki perangai buruk tidak akan membuat Anda ke mana-mana. Ubahlah sikap buruk Anda untuk menjadi yang terbaik. Gantilah sikap negatif menjadi positif. Dengan memiliki martabat, ketulusan dan toleransi akan mengganti sikap-sikap buruk yang Anda miliki. Anda akan menjadi pribadi yang menyenangkan bagi semua orang.

  1. Melepas keluhan

Mengeluh menunjukan bahwa Anda belum matang dalam mengelola emosi dan masalah yang datang. Bersikaplah santai dan siapkan diri Anda menghadapi setiap tantangan yang datang. Mengeluh dan menyerah adalah halangan yang akan mencegah datangnya keberhasilan. Berhentilah mengeluh dan menerima kegagalan dengan tenang adalah cara cerdas.

  1. Melepas kekuatiran

Khawatir akan membuat hidup Anda tidak tenang. Berdamailah dengan segala situasi yang Anda hadapi. Bersikap khawatir juga membuat Anda menjadi takut dengan segala masalah yang datang. Padahal masalah akan selalu datang selama Anda hidup.

Kita hanya memiliki kesempatan sekali untuk hidup. Hilangkan enam sampah di atas untuk meraih kebagahagiaan. Bukan hanya kita yang akan mendapatkan kebahagiaan dengan melepas sampah-sampah tersebut, tetapi juga teman, saudara dan bahkan orang yang dekat dengan keseharian kita. Kita ingin mereka semua merasakan kebahagiaan kita, bukan? Selamat mencoba! (*)

Achi Hartoyo