Kamis, 17 Oktober 2019
18 Ṣafar 1441 H
Home / Lifestyle / 5 Tips Aman sebelum Anda Terbang
FOTO I Dok Sharianews
Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa yang artinya: Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Doa ini bersumber dari Al-Qur'an, surat Huud ayat 41.

Sharianews. Jakarta. Musibah bisa menimpa siapa saja. Tidak mengenal batasan usia dan waktu. Berita jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 yang baru saja terjadi, membuat kita waspada ketika ingin melakukan perjalanan. Supaya aman dan tenang dalam melakukan perjalanan, siapkan 5 hal berikut ini:

1. Memilih maskapai yang terpercaya

Faktor utama keamanan dan kenyamanan dalam sebuah perjalanan adalah dengan memilih moda transportasi yang aman. Tidak harus menggunakan maskapai yang mahal jika Anda memilih penerbangan sebagai moda transportasi, pastikan Anda memilih maskapai yang memiliki jejak rekam yang baik dan terpercaya.

Umumnya, penerbangan dinilai sebagai salah satu metode perjalanan yang paling aman dan nyaman. Namun demikian, sehubungan dengan kondisi kesehatan dan medis tertentu. Pilihlah fasilitas penerbangan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Baik fasilitas sebelum dan sesudah melakukan penerbangan.

2. Memilih waktu yang tepat

Memilih waktu yang pas untuk melakukan perjalanan berarti meminimalisir resiko buruk terjadi. Jika Anda ingin melakukan perjalanan dengan penerbangan, pilih waktu yang tepat. Yaitu sekitar pukul 09.00-15.00 supaya suasana di atas sana tidak gelap dan menakutkan. Faktor cuaca juga harus diperhatikan. Jikat tidak ada kegiatan yang sangat penting, hindari melakukan perjalanan dalam cuaca yang kurang bagus seperti puncak musim penghujan.

3. Menginformasikan perjalanan Anda ke kerabat terdekat

Dengan menginformasikan perjalanan Anda ke kerabat terdekat, memudahkan keluarga untuk memantau perjalanan Anda. Beritahukan kepada mereka tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi, jadwal dan maskapai penerbangan, hotel tempat Anda menginap, nomor ponsel atau telepon hotel yang bisa dihubungi selama perjalanan. Jika ada informasi darurat, keluarga Anda bisa dengan mudah menghubungi pihak-pihak yang tepat.

4. Membeli asuransi perjalanan

Semakin banyaknya maskapai yang menawarkan penerbangan bertarif rendah atau low cost carrier (LCC), semakin membuat perjalanan dengan menggunakan pesawat meningkat. Namun, penerbangan low cost carrier (LCC) seringkali tidak termasuk biaya asuransi. Pastikan untuk membeli asuransi perjalanan sebelum Anda terbang, supaya Anda tenang selama penerbangan. Jika Anda muslim, pastikan untuk membeli asuransi syariah jika memungkinkan.

5. Berdoa

Yang paling utama dan paling penting dari empat hal di atas adalah berdoa. Dengan berdoa sebelum melakukan perjalanan membuat Anda tenang. Agama Islam mengajarkan kita berdoa sebelum melakukan perjalanan apapun. Doa yang disunnahkan adalah dengan mengucap: Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa yang artinya: Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Doa ini bersumber dari Al-Qur'an, surat Huud ayat 41. Di zaman Rasulullah, doa ini hanya doa naik kendaraan laut, lalu setelah ada pesawat terbang, doa ini juga dipakai untuk naik pesawat terbang. (*)

 

Achi Hartoyo