Sabtu, 24 Oktober 2020
08 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / Lifestyle / 4 Tahap Edukasi Masyarakat Soal Bahaya Covid-19
Foto dok. Branimir Balogović/Pexels
Pentingnya kerja sama seluruh elemen untuk mengubah pola pikir masyarakat dalam melihat Covid-19 ini sebagai wabah yang membahayakan

Sharianews.com, Jakarta - Pentingnya kerja sama seluruh elemen untuk mengubah pola pikir masyarakat dalam melihat Covid-19 ini sebagai wabah yang membahayakan.

Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan mengatakan, jika hanya berpangku tugas pada pemerintah, maka edukasi tentang bahaya Covid-19 ini tidak akan tersampaikan secara maksimal kepada masyarakat.

“Semua kebutuhan untuk penyembuhan dan pencegahan Covid-19 masih sangat terbatas. Jadi cara yang terbaik adalah mengubah pola pikir masyarakatnya, dari yang awalnya mudah menulari menjadi tidak mudah menulari,” paparnya, dalam webinar baru-baru ini

Ia juga menjelaskan mengenai empat tahap strategi untuk merubah pola pikir masyarakat, yakni dimulai dari tahap to know. Tahapan pertama ini dilakukan dengan memberitahu masyarakat bahwa pandemi ini ada dan nyata.

Selanjutnya naik kepada tahap to understand, mengajak masyarakat untuk mengerti apa dan seperti apa dampak dari pandemi ini, serta bagaimana cara pencegahan dan penanganan virus ini.

Tahapan ketiga, yaitu penanaman deep awareness. Dalam tahapan ini, dilakukan penyadaran secara mandalam kepada masyarakat bahwa covid-19 adalah virus yang harus dihadapi secara serius dan diperlukan kerja sama seluruh lapisan masyarakat dalam menekan laju penularan nya.

Terakhir, yakni tahapan action. Setiap protokol kesehatan yang sudah tersampaikan kepada masyarakat agar diwujudkan dalam bentuk aksi nyata bersama.

“Menjelaskan protokol kesehatan kepada masyarakat tidaklah mudah, saya tiga hari mengumpulkan pemerintah daerah, lembaga usaha, para akademisi, MUI (ulama), budayawan, dan sebagainya untuk membantu menjelaskan ini kepada masyarakat,” paparnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman