Sabtu, 8 Agustus 2020
19 Thu al-Hijjah 1441 H
Home / Haji umrah / 13 WNI Ekspatriat Terdaftar Sebagai Jemaah Haji
Foto dok Kemenag
Total tercatat ada 13 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Arab Saudi atau ekspatriat dan terdaftar sebagai jemaah haji

Sharianews.com, Total tercatat ada 13 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Arab Saudi atau ekspatriat dan terdaftar sebagai jemaah haji 1441H/2020M.

Demikian disampaikan Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah Endang Jumali. Data yang disampaikannya itu merupakan data yang didapat hingga 29 Juli 2020.

13 WNI tersebut tinggal di Riyadh (1), Madinah (2), Yanbu' (1), Makkah (4), Jeddah (4), dan Al Khobar (1). Mereka adalah Muhammad Wahyu, Endan Suwandana, Ahmad Sujai, Huda Faristiya, 'Abdul Muhaemin, Siri Marosi, Muhammad Toifurrahman, Ata Farida, Eni Wahyuni, Irma Tazkiya, M Zulkarnain, Ali Muhsin Kemal, dan Akram Hadrami.

Jumali memaparkan agenda para jemaah haji ini, antara lain pada 29 Juli 2020, ketika Subuh mereka sudah mengambil miqat di Qarnul Manazil (Thoif). Selanjutnya mereka melakukan Thawaf Qudum di Masjidil Haram. Malam harinya, mereka menginap di Mina untuk menjalani Tarwiyah.

Besok paginya atau 30 Juli 2020, mereka bertolak ke Arafah. “Di Arafah, mereka akan menggunakan tenda wilayah negara-negara Arab. Di Mina, mereka menggunakan Hotel Abroj Mina yang berada di dekat Jamarat. Perjalanan mereka menggunakan bus dari perusahaan Saptco dan Samaya " ujarnya.

Persiapan penyelenggara haji saat pandemi Covid-19 terus dilakukan pihak Arab Saudi agar bisa tetap bisa berjalan dengan baik. Klinik keliling, botol air Zamzam sekali pakai, dan kontrol pergerakan telah diberlakukan oleh otoritas Saudi.

Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci telah merancang dan memasang jalur untuk mengarahkan aliran jamaah di Masjidil Haram dan memastikan komitmen untuk langkah-langkah yang menjauhkan kerumunan. Mereka juga telah mengatur pintu masuk dan pintu keluar khusus untuk mencegah keramaian.

Presidensi juga telah meningkatkan kapasitas produksi botol air Zamzam untuk dibagikan kepada para jemaah. Botol-botol tersebut dibersihkan, diamankan, dan diproduksi untuk sekali pakai.

Sementata itu, sebagai kelanjutan dari upaya untuk memastikan musim haji yang aman, Kementerian Kesehatan Saudi akan menyediakan klinik keliling dengan bus untuk menemani para jamaah saat mereka melakukan perjalanan melintasi situs-situs suci sepanjang tahapan haji yang berbeda

Rep. Aldiansyah Nurrahman