Sabtu, 21 September 2019
22 Muḥarram 1441 H
Home / Lifestyle / 13 Manfaat Es Batu untuk Kecantikan
-
Banyak manfaat es batu untuk kesehatan kulit dan wajah. Selain berbahan alami, es batu tentu halal untuk digunakan.

Banyak manfaat es batu untuk kesehatan kulit dan wajah. Selain berbahan alami, es batu tentu halal untuk digunakan.

Kita tentu tidak asing dengan benda satu ini. Ya, es batu, yang biasa kita gunakan untuk membuat minuman dingin. Selain bisa menyegarkan kerongkongan yang kering, es batu ternyata juga kaya manfaat untuk kecantikan.

Tiap perempuan pasti ingin punya wajah yang halus, cerah serta berseri, dan bebas dari jerawat. Banyak pilihan untuk merawat tubuh dan kecantikan wajah. Kita bisa ke salon kecantikan atau spa dengan biaya tertentu.

Kita juga bisa melakukan perawatan sendiri tanpa menguras kantong dengan bahan alami dan tentu saja halal dengan hasil yang memuaskan. Di antara cara yang mudah dan murah meriah untuk membuat kulit tetap terawat adalah dengan batu es.

Berikut ini 13 manfaat dan tips menggunakan batu es untuk perawatan kulit dan wajah.  

  1. Mencerahkan kulit

Cara mencerahkan kulit wajah dengan es batu adalah dengan mencampurkan mentimun atau strawberi untuk kemudian diblender. Setelah merata kemudian kita masukkan ke dalam lemari es untuk dibekukan hingga mengeras dan menjadi es. Bisa juga dengan perasan lemon kemudian dibekukan hingga menjadi es. Setelah menjadi es, oleskan ke wajah Anda untuk scrub yang dapat mencerahkan kulit Anda.

  1. Mengobati jerawat

Banyak orang tak nyaman dengan tumbuhnya jerawat, apalagi remaja di masa pubertas. Es batu tenyata bisa menyingkirkan gangguan pada kulit wajah ini. Terapi es batu adalah cara terbaik untuk menyingkirkan masalah jerawat.  

Caranya, cuci wajah terlebih dulu, kemudian bungkus es batu dengan kain yang bersih. Lalu aplikasikan ke area yang berjerawat dan tunggu sampai lima menit.

  1. Menghilangkan bekas noda jerawat

Saat jerawat mulai kempis dan hilang, belum tentu bekasnya juga akan ikut hilang. Biasanya masih terdapat flek hitam di wajah. Itu bisa jadi butuh beberapa saat untuk menghilangkannya. Es batu akan membantu untuk menghilangkan bekas noda jerawat.

Caranya, kompres wajah dengan es batu selama 15 menit. Ulangi terus-menerus untuk mempercepat hilangnya noda bekas jerawat. Es batu akan memudarkan bekas noda jerawat secara perlahan.

  1. Dapat mengecilkan pori-pori

Seiring bertambahnya umur dan efek make up, pori-pori kita akan membesar. Untuk mengatasinya, kita bisa manfaatkan es batu. Caranya, dengan mengaplikasikan es batu ke wajah. Sensasi dingin es batu akan membantu mengecilkan pori-pori.

  1. Mengatasi mata bengkak

Kurang istirahat atau setelah menangis akan membuat mata bengkak. Hal ini tentu mempengaruhi penampilan kita. Caranya, ambil es batu dan masukkan ke dalam kain bersih dan aplikasikan ke bagian mata setiap pagi.

  1. Mengatasi lingkaran hitam atau mata panda

Mata panda biasanya dialami orang yang kurang istirahat atau memiliki pola tidur yang tidak teratur serta stres. Hal ini dapat menimbulkan mata panda. Untuk mengatasinya, seduh teh hijau atau mawar kemudian bekukan di dalam freezer. Setelah beku, oleskan ke dalam lingkar bawah mata Anda. Lakukan berulang-ulang. Perlahan lingkaran mata memudar.

  1. Menghambat penuaan dini

Memijat dan menggosok wajah tiap hari dengan menggunakan es batu bisa meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini tentu akan memperlambat proses penuaan dini. Sehingga wajah tetap berseri dan sehat alami, tanpa ada kerutan di wajah. Caranya, kompres es batu ke wajah. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

  1. Mengatasi kulit berminyak

Banyak perempuan tak nyaman dengan kulit berminyak. Selain perlu mengurangi makanan berlemak, kita juga bisa menggunakan es batu sebagai terapi untuk mengurangi produksi minyak agar wajah kembali mempesona. Caranya sangat mudah. Kita hanya perlu kompres wajah secara rutin menggunakan es batu.

  1. Membuat make up tahan lama

Make up biasanya cepat luntur karena produksi minyak berlebihan dan lantaran membesarnya pori-pori besar di wajah. Jangan khawatir, solusinya ada pada es batu. Caranya, sebelum memakai make up, kompres dulu wajah dengan es batu selama tiga menit kemudian baru gunakan make up.

  1. Pelembab bibir

Bibir yang terlihat lembab dan cerah tentu menambah penampilan kita makin baik. Es batu bisa kita gunakan sebagai pelembab bibir. Caranya hanya perlu mengusapkan es batu secara rutin sekitar lima menit setiap hari.

  1. Mengatasi ruam wajah dan gosong

Teriknya matahari membuat wajah kita gosong dan menimbulkan noda kemerahan di wajah. Es batu bisa memberikan kenyamanan pada kulit yang iritasi atau meradang akibat paparan matahari. Sensasi dingin akan mambantu meringankan timbulnya ruam pada wajah. Caranya, cukup dengan mengkompres wajah selama 15 menit.

  1. Menghilangkan rambut di wajah

Untuk menghilangkan rambut di wajah, kita hanya perlu es batu untuk scrub. Es batu dipercaya bisa mematikan akar rambut secara bertahap.

  1. Mengatasi mata lelah

Banyaknya aktivitas menimbulkan efek mata lelah. Untuk menyegarkannya kembali kita bisa menggunakan es batu. Caranya, kompres mata dengan es batu. Secara perlahan kita dapat merasakan efek menenangkan pada mata. (*)

Reporter: Linda Sarifatun. Editor: A.Rifki.