Senin, 18 Februari 2019
13 Jumada al-akhirah 1440 H
Aghnia Punjabi, salah satu influencer muslimah. FOTO | Dok. IG. Aghnia punjabi
Lewat postingan maupun video tutorial yang dibuatnya, para influencer sering menjadi referensi  bagi hijabers lain saat harus memilih produk atau fashion muslimah.

Sharianews.com, Jakarta ~ Popularitas selebgram atau influencer ternyata bisa mendatangkan rezeki. Tak sedikit kaum muda milenial melirik selebgram sebagai referensi  gaya hidup yang mereka jalani di bidang fashion, kosmetik, dan pilihan makanan misalnya.

Tak terkecuali influencer berhijab dari generasi milenial, lewat postingan maupun video tutorial yang mereka buat, mereka sering menjadi refrensi bagi hijabers lain saat harus memilih produk fashion muslimah. Apalagi saat ini demam fashion muslim sedang menemukan momentumnya.  

Bak gayung bersambut, beberapa produsen busana muslimah, maupun produk kecantikan pun melihat potensi untuk saling memberi pengaruh. Jadilah para influencer hijab tersebut banyak mendapat tawaran untuk meng-endorse beragam produk mulai dari fashion hijab, kosmetik, dan kecantikan, bahkan dengan tarif tinggi.

Umumnya setiap influencer mendapatkan tawaran tarif berbeda sesuai dengan jumlah followers atau subscriber yang mereka miliki. Sekadar contoh, berikut ini beberapa tarif dan nilai ekonomi dari para influencer hijab berpengaruh yang seringkali menerima endorse dari produk-produk fashion hijab dan sejenisnya.

1. Aghnia Punjabi

Seorang selebgram berusia 20 tahun ini seringkali menerima tawaran endorse fashion, terlebih merupakan salah satu Influencer hijab paling berpengaruh di Indonesia dengan followers sebanyak 748 ribu. Dengan jumlah sebanyak itu, konon tarif yang ditawarkan untuk sekali endorse sebesar Rp 1.150 juta.

2. Erlinda Yuliana

Pemilik akun instagram @Joyagh, nan cantik ini dikenal degan gayanya yang trendy dan banyak disukai masyarakat, sehingga sering menjadi rujukan cara berpakain bagi para muslimah. Jumlah followernya sebanyak 633 ribu. Dengan jumlah follower sebanyak itu, Erlinda memiliki tarif endorse sebesar Rp 1.150 juta untuk setiap produknya.

3. Helmi Nursifah

Helmi  Nursifah juga menjadi salah satu influencer  hijab yang sudah tidak asing lagi. Namanya di media social sudah berkibar. Ia juga termasuk influencer yang sering mengendorse beberapa produk nusantara. Followernya berjumlah sekitar 430 ribu. Helmi pun memiliki tarif endorse sebesar Rp 1 juta rupiah untuk setiap produknya.

4. Mimi Jamilah

Pemilik akun @michan_91 atau mimi Jamilah, selain dikenal karena kecantikannya, ia juga dikenal karena memiliki suara yang merdu, terutama saat melantunkan ayat suci Al-Qur'an (Qoriah). Dengan follower sebanyak 222 ribu, @michan_91 seringkali meng-endorse produk-produk Indonesia, terutama fashion muslimah. Untuk dapat meng-endorse , kabarnya @michan_91 memasang tarif sebesar Rp 300 ribu per postingan.

5. Dwi Handayani Syah Putri

Sebagai influencer hijab namanya sudah tidak asing lain. Kegemarannya jalan-jalan atau traveling ternyata juga menambah kuat pengaruhnya sebagai influencer untuk gaya fashionnya yang dikenal sederhana namun tetap trendy. Wanita cantik ini menjadi salah satu dari 100 wanita berpengaruh di dunia versi BBC. Dwi memiliki jumlah follower hingga 700 ribu, dan memiliki tarif endorse sebesar Rp 300 ribuan per produk untuk sekali posting. (*)

Reporter: Fathia Rahmah Editor: Ahmad Kholil