Minggu, 17 Februari 2019
12 Jumada al-akhirah 1440 H
Halalincorp pada 24 dan 25 April di ExCeL London akan menggelar pameran Halal Expo London yang dihadiri pembeli dari berbagai sektor

Sharianews.com, Jakarta~ Pasar halal di Inggris kian membesar dari tahun ke tahun, ujar perusahaan penyelenggara pameran di Inggris, halalincorp.

Tahun ini, pasar halal Inggris bernilai 4,5 miliar dolar dan diperkirakan akan tumbuh sebesar 5 persen setiap tahun hingga 2020.

Nilai tersebut membuatnya mirip dengan seluruh industri makanan bungkus makanan di Inggris.

Hal ini membuat jumlah vendor yang menyediakan produk-produk halal juga terus meningkat.

Sebelumnya juga hanya beberapa supermarket yang menyediakan produk halal, namun kini  jaringan waralaba nasional seperti Asda, Sainsburys dan Tesco menyediakan beragam produk berbasis halal.

“Produk halal juga sudah masuk ke sektor katering, restoran dan gerai makanan cepat saji,” ujar mereka.

Halal bisa diartikan sebagai 'diizinkan' dalam bahasa Arab dan merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan apa pun yang diizinkan oleh hukum Islam sebagaimana ditentukan oleh Al-Qur'an.

Mulai dari agen perjalanan dan operator tur, bank dan penyedia layanan keuangan, fesyen, farmasi, makanan, kosmetik, penerbitan, logistik, dan organisasi pemerintah, ada elemen 'halal' untuk produk dan layanan di semua sektor ini.

Di sektor keuangan, saat ini ada lebih dari 20 bank yang sepenuhnya mematuhi prinsip-prinsip syariah mendapatkan lisensinya di Inggris.

Sedangkan di sektor properti, calon pemilik dapat menghindari bunga dengan membeli hipotek Islami.

Bank dan perusahaan jasa keuangan memasok pinjaman rumah dan produk lainnya seperti pensiun dan asuransi dan tidak menginvestasikan keuntungan mereka dalam perjudian, alkohol atau industri yang dilarang berdasarkan Islam.

Bidang fashion muslim juga berkembang pesat dengan nilai hingga 44 miliar dolar secara global.

Perkembangan pesat pasar halal di Inggris dipengaruhi beberapa hal. Pertama populasi muslim di Inggris telah meningkat dan meningkatkan peluang untuk memasarkan ke basis pelanggan yang lebih luas.

Kedua, daya beli kaum milenial muslim cukup tinggi. Mereka bersedia membayar mahal untuk produk dan layanan yang taat syariat dan berkualitas tinggi.

“Semua produsen, distributor, dan vendor ingin memanfaatkan sektor yang berkembang pesat dan menguntungkan ini,” ujar halalincorp.

Halalincorp pada 24 dan 25 April di ExCeL London akan menggelar pameran Halal Expo London.

Pembeli dari beragam sektor akan menghadiri pameran untuk mengetahui perusahaan yang menawarkan produk dan layanan terbaru dari seluruh dunia untuk pasar.

Acara ini juga akan menampilkan pembicara terkemuka di industri yang akan memberikan wawasan unik tentang tren dan perkembangan terkini.

nazarudin