Rabu, 19 Desember 2018
11 Rabi‘ at-akhir 1440 H
FOTO | Dok. unsplash.com
Ada beberapa peluang bisnis syariah yang cukup menjanjikan. Jika sudah menemukan pilihan bisnis yang tepat, sesuai kecukupan modal atau berbasis skill yang dimiliki Anda bisa mulai mengembangkan bisnis Anda sendiri.

Ada beberapa peluang bisnis syariah yang cukup menjanjikan. Jika sudah menemukan pilihan bisnis yang tepat, sesuai kecukupan modal atau berbasis skill yang dimiliki Anda bisa mulai mengembangkan bisnis Anda sendiri.

Sharianews.com, Jakarta. Menjadi pengusaha atau entrepreneur  bisa jadi idaman setiap orang. Namun tidak semua orang berani memilih jalan dan menekuni profesi ini dengan berbagai alasan. Misalnya tidak adanya modal, tidak memiliki bakat bisnis. Tidak menguasi bidang usaha tertentu, hingga tidak ada ide untuk memilih jenis usaha apa, di mana dan bagaimana memulainya. 

Indonesia dengan penduduk mayoritas muslim, sejatinya menawarkan pasar dan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Data Pew Research Center’s on Religion and Public Life, akhir tahun 2010, mencatat penduduk muslim Indonesia berjumlah 205 juta, atau 13 persen  dari keseluruhan populasi umat Islam di dunia.

Globe Asia, salah satu majalah ternama di Indonesia dan Asia, baru-baru ini memberitakan 150 orang terkaya di Indonesia. Dari jumlah tersebut terdapat 24 pengusaha kaya dari kalangan muslim dan sisanya non-muslim.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, minimnya orang muslim menjadi pengusaha besar cukup mengkhawatirkan. Apalagi Indonesia sebenarnya mayoritas penduduk adalah warga muslim.

"Seharusnya kondisi tersebut juga diikuti dengan banyak bermunculannya pengusaha-pengusaha yang mampu berperan pada perekonomian negara,"ujarnya suatu ketika di depan wartawan. 

Nah, karena itu mungkin kini sudah waktunya muncul pengusaha-pengusaha atau entrepreneur muslim di Indonesia. Apalagi iklim usaha berbasis syariah di dunia dan juga Indonesia kini sudah mulai bergairah.

Para sarjana dan pemuda muslim, perlu belajar banyak dan melihat peluang apa saja yang bisa menjadi ide untuk bangkit dan berusaha. Di mulai dari hal kecil, dan kemudian tumbuh bersama seiring  temapaan waktu dan pengamalam.

Bingung mau bisnis apa?

Diakui, masalah utama yang dihadapi oleh para pemula, tak terkecuali pengusaha muslim adalah  kecenderung hanya menjadi konsumen. “Ngapai repot-repor.” Jarang ada kemauan untuk menjadi pelaku usaha mandiri.

Jika pun ada cita-cita berbisnis,  kecenderungannya enggan memulai. Nanti saja setelah pensiun. Atau menunggu kisah sukses dari orang lain. Juga biasanya bingung menentukan pilihan bisnis apa yang bisa dijalankan.

Padahal sebetulnya jika kita jeli ada banya pelung yang bisa dijadikan usaha. Ada beberpa peluang bisnis syariah yang cukup menjanjikan. Jika sudah menemukan pilihan bisnis yang tepat, sesuai keukupan modal, atau berbasis skill yang dimiliki, atau jejaring sosial yang kita punya, baik sendiri atau bersama bisa segera memilihnya.

Jika masih juga bingung, mungkin beberapa ide berikut ini bisa menjadi bahan refrensi untuk memulai bisnis baru sesuai syariah.

1. Bisnis Travel Agent Syariah  

Tidak bisa dipungkiri bisnis travel untuk perjalanan haji dan umrah memang tergolong menjanjikan. Tidak hanya itu, saat ini peminatan terhadap travel syariah juga mulai menggeliat. Pasar travel syariah bisa menjadi peluang saha. Apalagi sampai saat ini masih belaum banyak agen travel di bidang syariah ini.

Bersama partner atau sendiri Anda bisa buka agen travel wisata syariah atau umroh dan haji dan sekaligus paket perjalannya. Hal yang perlu diperhatikan adalah legalitas dan modal awalnya. Namun dengan perencanaan yang matang, bersama rekanan Anda bisa memilih ide ini sebagai peluang untuk membuka bisnis berbasis syariah.

2. Bisnis Kuliner Halal

Tren makanan dan minuman halal akan terus tumbuh, seiring kesadaran literasi masyarakat akan gaya hidup syariah. Nah, ini adalah peluang usaha untuk yang memiliki hoby kulier. Anda bisa memilih jalan usaha atau bisnis kuliner halal.

Pilih jenis kuliner khas dareah asal Anda. Kembangkan dan kemas dengan kemasan yang menarik. Mulailah dipasarkan. Di lingkungan terdekat, kantor, dan kolega Anda. Atau jika modal tidak memadai, bisa berkongsi bersama rekanan Anda. Kuliner seperti makanan khas dan juga cemilan bisa menjadi peluang yang sangat bagus sekali untuk bisa anda jalankan.

3. Bisnis Online Halal

Salah satu peluang usaha yang masih terbuka lebar saat ini adalah bisnis online halal. Teknologi informasi sangat memudahkan Anda untuk bisnis secara online, kendati pun Anda tidak memiliki produk sendiri. Anda bisa menjualkan produk rekanan, secara dropship atau skema lainnya.

Saat ini kita hidup di era online, yang menjanjikan kemudahan, segala sesuatunya bisa dilakukan secara online, termasuk jualan online. Ada banyak pilihan bisnis online juga yang ditawarkan dan bisa jalankan. Pilihlah bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan bagi usaha Anda.

4. Bisnis Kafe Syariah

Kafe syariah adalah  istilah yang relatif baru. Namun menjanjikan peluang yang besar. Apalagi ke depan gaya hidup syariah akan terus tumbuh. Pemberlakukan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH), yang mengamanatkan berlakunya ketentuan tentang jaminan produk halal di Indonesia di tahun 2019, ini bisa menjadi acuannya.

Undang-undang ini mengamanatkan setiap produk, fashion, jasa, dan termasuk usaha hotel dan travel yang dijalankan di Indonesia harus mencantumkan label halal atau sebeliknya. Jika Anda memiliki pengalaman dan modal cukup, Anda bisa memulai ide membuka kafe syariah, untuk menjembatani kebutuhan akan gaya hidup syariah.

5. Fashion Syariah

6. Bisnis Wisata Syariah

7. Bisnis Property Syariah

8. Bisnis Payment Gateway Syariah

Beberapa ide bisnis syariah di atas, bisa Anda elaborasi dan kembangkan untuk didiskusikan dengan teman, sahabat, rekanan maupun ahlinya, jika Anda benar-benar ingin memulai bisnis syariah. (*)

Ahmad Kholil