Rabu, 19 Desember 2018
11 Rabi‘ at-akhir 1440 H

Mencari Lapo Halal di Jakarta

Jumat, 7 Desember 2018 14:12
FOTO | Dok. akurat.co
Restoral Lapo, biasanya edentik dengan menu non-halal. Namun kini di Jakarta sudah banyak Lapo yang menyediakan menu serba halal. Contohnya Bonga-Bonga Lapo dan Lapo Sibual-bual. Cari tahu di mana alamatnya.

Sharianews.com, JakartaSelama ini orang mengenal Restoran Lapo, sebagai restoran dengan masakan non-halal. Lapo adalah nama restoran khas asal Kota Medan, Sumatera Utara, yang biasanya identik dengan menu andalan daging babi dan anjing. Tetapi itu di Medan, di Jakarta, Restoran Lopo justru menyediakan menu makanan halal.

Lopo sebanarnya istilah dari bahasa Batak untuk menamai kedai atau warung. Hamidah, perempuan asli Medan pemilik warung khas Medan Lopo di Food Court Fincen, Jakarta Pusat, aslinya Lapo sebenarnya banyak yang menyajikan menu halal.

“Di Medan, kebanyakan Lopo yang menyediakan menu halal. Memang tidak bisa dipungkiri ada yang menyediakan menu tidak halal, yang letak lokasinya justru jauh dari jalan utama. Begitu juga Lopo yang ada di banyak kota di Indonesia, juga masih banyak yang menyediakan makanan non-halal,”kata Hamidah.

Meski begitu, ujarnya masyarakat tidak perlu khawatir, karena saat ini di Jakarta sudah banyak Lapo yang menyediakan menu serba halal. Contohnya Bonga-Bonga Lapo dan Lapo Sibual-bual.

Bonga-bonga Lapo

Restoran Lapo milik artis Indonesia Chicko Jerico beserta empat temannya, Rio Dewanto, Anggia Kharisma dan Rahung Nastion, ini bisa dikatakan serba halal. Pasalnya semua bahan makanan yang digunakan aman dan tidak sedikitpun menggnakan daging babi, anjing, darah, dan sebagainya.

Restoran yang  beralamat di Jalan Cipete Raya Nomor 29, Jakarta Selatan ini menyajikan berbagai menu khas batak seperti ayam bakar bumbu pinadar, gulai ikan mas, sambal teri andaliman, ikan mas arsik dan macam lainnya.

Salah satu menu favorit di restoran ini adalah saksang yang merupakan makanan khas Batak. Makanan ini biasanya menggunakan daging babi, anjing atau kerbau yang dicincang dan dibumbui dengan rempah, santan, serta dimasak menggunakan darah hasil sembelihan hewan yang dipakai.

Namun, di Restoran Bonga-bonga ini, menu saksang diganti dengan daging dan hati ayam serta dimasak tidak menggunakan darah. Sehingga bisa dipastkan aman dari bahan  makanan yang tidak diperbolehkan.

Lapo Sibual-buali

Lapo  Sibual-bual, dimiliki oleh suku batak mandaling yang sebagian besar beragama Islam, dari wilayah yang berdekatan dengan Sumatera Barat, sehingga sedikitnya hampir mirip atau sama budaya Minang.

Berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan, salah satu Lapo Sibual-bual menyajikan menu batak muslim. Di antara menunya adalah Balado ikan teri, sayur gulai tumbuk, ikan mas arsik. Serta menu  yang paling digemari disini adalah gulai ikan limbat atau gulai ikan salai.

Jadi, jika Anda penasaran, coba saja sekali mapir.(*)

Reporter: Fathia Rahma Editor: Ahmad Kholil