Minggu, 17 Februari 2019
12 Jumada al-akhirah 1440 H
FOTO I Dok. beranda.co.id
"Adalah karena keinginan pribadi kami dalam menjaga kehormatan wanita muslimah, terlebih dalam keadaan pergaulan metropolitan yang semakin rusak," tulis Soraya dalam blognya.

Sharianews.com, Jakarta ~ Belakangan, banyak selebritas cantik tanah air yang memutuskan untuk berhijrah. Hijrah yang dijalaninya pun tidak sebatas mengenakan hijab tetapi juga dengan memperdalam ilmu agamanya. Bahkan, di antara artis yang hijrah tersebut, dikabarkan memutuskan untuk mengenakan niqab (cadar).

Hukum mengenakan niqab bagi perempuan, menuai pandangan berbeda. Sebagian ulama mengatakan hukumnya adalah wajib berdasarkan beberapa dalil, salah satunya adalah Al-Ahzab ayat 59, yang mengatakan agar perempuan mengulurkan jilbab ke seluruh tubuhnya.

Sedangkan yang berpandangan bahwa niqab adalah sunnah juga berdasarkan pada dalil-dalil. Di mana banyak disinggung oleh Imam Nawawi (Al-Majmu’, 3: 122), yaitu seluruh badan kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Begitu pula seperti yang disinggung dalam Minhajuth Tholibin, 1:188. Pernyataan inilah yang merupakan pendapat mayoritas ulama dan terkuat.

Berikut ini beberapa artis tanah air yang sudah berhijrah dan mengenakan niqab:

Peggy Melati Sukma
Peggy yang memulai berhijrah sejak tahun 2017 lalu, selain mengenakan hijab dan cadar juga mengganti namanya menjadi Khadija.

Ia mengaku, mengenakan cadar atau niqab karena merupakan bagian dari proses keimanannya.

"Saya ingin semakin baik saja karena saya bukan orang baik, tempatnya dosa, kekhilafan, dan kealpaan. Jadi dari waktu ke waktu mau terus belajar," ujar Peggy seperti yang dilansir dari TribunJateng.

Umi Pipik

Pipik Dian Irawati atau yang akrab disapa Umi Pipik merupakan mantan model sekaligus istri dari Almarhum Uje (Ustaz Jefry Al-Bukhori).

Tidak lama selepas kepergian mendiang suaminya, Umi Pipik memutuskan untuk ber-niqab. Ia mengaku banyak perubahan yang dirasakan setelah memutuskan memakai niqab.

Salah satu yang sangat terasa adalah perubahan pada pekerjaannya sebagai pendakwah di berbagai media. Pasalnya sejak bercadar Umi Pipik mulai kehilangan satu per satu kegiatannya di stasiun televisi.

"Setelah bercadar satu bulan, di-blacklist dari semua jadwal-jadwal. Off semua, TV pun udah mulai nolak-nolak," kata Umi Pipik ditemui di Raffles Hotel, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Namun, ibu empat anak itu meyakini bahwa hal tersebut merupakan cobaan yang harus dihadapi dengan kesabaram, sebagaimana surat Al-Baqarah. Hingga akhirnya ia mendapatkan jalan keluar sesuai janji Allah SWT.

Soraya Abdullah

Soraya Abdullah Balvas yang merupakan istri dari aktor tampan Indra L Brugman mengungkapkan alasannya mengenakan niqab di dalam blog pribadinya.

Dalam blog bernama Sorayaabdullah's Blog ini, Soraya menulis, semua itu bermula sejak April 2007 saat dirinya mengikuti kelompok pengajian yang dipimpin ayah Mohammad Jibril, Abu Jibril di Pamulang, Tangerang. Tetapi di sisi lain ia juga mengaku hal tersebut guna menjaga kehormatannya.

"Adalah karena keinginan pribadi kami dalam menjaga kehormatan wanita muslimah, terlebih dalam keadaan pergaulan metropolitan yang semakin rusak," tulis Soraya dalam blognya.

Resa Rere

Pemain film Tausiyah Cinta ini memutuskan menggunakan niqab sebelum wajahnya dikenal lama oleh publik. Melalui akun Twitter, ia mengatakan keputusannya memakai niqab sejak mendapat restu dari ibundanya.

Ia mengaku mulai istiqomah berhijab dan ber-niqab sejak mengikuti kajian pekanan oleh teman-teman yang diadakan di kantornya.

Nuri Maulida

Lama tidak tampil di layar televisi, isteri Pandu Kesuma ini tampak bercadar dalam sebuah foto yang ia bagikan melalui akun instagram pribadinya.

Nuri Maulida menceritakan keputusannya tersebut berawal dari tingkah anaknya yang kemudian menjadi sebuah kenyamanan.

"Sebelum menikah aku sudah berhijab dan setelah menikah sudah mulai pakai hijab syar'i tapi belum sepenuhnya. Kadang masih pakai hijab biasa. Tapi setelah punya anak dan semakin besar, dia makin aktif dan sering tarik-tarik hijabku jadi pundak dan leher terlihat," cerita dia.

Karena merasa tidak nyaman dengan hijabnya yang kadang berantakan, Nuri memutuskan untuk mengenakan hijab yang lebih panjang.

"Sejak pakai hijab syar'i saya jadi mudah kalau mau salat, tidak perlu pakai mukena lagi, dan kalau bermain sama anak pun tidak khawatir akan lepas-lepas hijabnya," lanjut Nuri. (*)

 

Reporter: Fathia Rahma Editor: Achi Hartoyo