Senin, 18 Februari 2019
13 Jumada al-akhirah 1440 H
doc|tripadvisor.com
Sertifikat halal untuk restoran dan makanan di Australia dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi halal yang didirikan oleh Australian Federation Islamic Council (AFIC) dan organisasi Islam.

Sharianews.com, Australia merupakan negara minoritas muslim, yang multikultural dan menjunjung tinggi toleransi beragama. Terbukti dengan tersedianya kurang lebih dua ratus restoran yang sudah memiliki sertifikasi halal, di seluruh Australia.  

Hal tersebut juga dibuktikan lewat penelitian Global Muslim Travel Index 2018, yang menyatakan bahwa negeri Kangguru ini termasuk dalam 10 negara minoritas muslim yang paling ramah bagi wisatawan muslim.

Sehingga bagi yang ingin melanjutkan studi, kerja atau sekadar jalan-jalan ke Australia, tidak perlu khawatir, karena cukup mudah mendapatkan restoran halal di Australia.

Selain itu, bahan makanan bersertifikasi halal juga mudah didapat, karena dapat dilihat melalui Halal Status E-Codes atau E-Numbers yang tertera pada produk di rak-rak supermarket.

Sertifikat halal untuk restoran dan makanan di Australia dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi halal yang didirikan oleh Australian Federation Islamic Council (AFIC) dan organisasi Islam. Berikut adalah nama restoran halal di Australia, antara lain: 

1. Marrakech Morrocan Restaurant di Adelaide Utara

Jika berkunjung ke daerah Austalia Selatan, Restoran Maroko ini bisa dijadikan rekomendasi. Restoran ini beralamat di  91 O'Connel Street, North Adelaide 5006, Australia Selatan. Termasuk dalam bagian restoran ini, terdapat pula permadani-permadani khas Afrika Utara di beberapa dinding untuk memperindah infrastruktur, serta musik-musik Arab yang mengiringi.

Beberapa menu spesial dari restoran Marrakech Morrocan adalah Melwi, roti khas Maroko dengan campuran keju dan daging kambing, baby spinach, dan harissa (pasta cabai  pedas). Melwi tersebut dimasak di atas pan dan diberi minyak argan dari pohon argan.

Kemudian Bestella, yaitu kue ayam dengan taburan almond panggang, kayu manis, dan gula icing. Dibungkus dengan filo pastry dan disajikan dengan salad. Terdapat pula menu Afrah Tangine sebagai favorit, daging domba yang dimasak sampai empuk dengan kayu manis, madu, plum, almond panggang, dan biji wijen.

2. Mado Restaurant di Brisbane

Selain Marrakech Morrocan yang bernuansa Afrika, di Brisbane juga ada restoran halal yang dapat dijadikan rekomendasi pengunjung. Mado yang beralamat di Shop 1-3, The Galleria Apartments, 15 Tribune St South Brisbane, 4101, Queensland memiliki menu-menu khas Turki, antara lain yaitu Kuzu Sis, daging domba bakar yang telah dibumbui. Disajikan dengan nasi, roti turki panggang, dan salad.

Selanjutnya, Tavuk Sis, ayam bumbu pedas yang disajikan dengan nasi, roti turki panggang, dan salad. Dan Biftek Izgara, steak daging sapi bacon yang dibumbui dengan arang disajikan dengan nasi, roti turki panggang, dan salad.

3. Sumatra Cafe di Darwin

Makanan khas Indonesia juga menjadi pelengkap bagi koleksi restoran halal di Australia ini. Terletak di daerah Darwin Utara, tepatnya di Jalan 38 Smith. Para penggemar kari biasanya datang ke sini pada jam makan siang. Dan menu yang paling favorit di Sumatera Cafe adalah Cabai Terung, Es Campur (kacang merah, jelly, dan buah-buahan), dan semur daging. (*)

Reporter: Fathia Rahma Editor: Achi Hartoyo