Minggu, 17 Februari 2019
12 Jumada al-akhirah 1440 H
FOTO | Dok. munir
Membuat konten untuk Youtube, susah-susah gampang. Kuncinya hanya ada dua pilihan, bagus banget atau jelek banget. Selebihnya baca artikel di bawah ini.

Sharianews.com, Jakarta ~ Permasalahan paling mendasar bagi Youtuber pemula adalah menentukan konten. Biasanya karena belum fokus, mereka membuat isinya campur aduk, sehingga segmentasi pemirsanya juga campur aduk. Imbasnya, subscriber tidak fokus dan viewer sulit berkembang.

Apalagi bagi para hijaber yang ingin membangun konten Youtube. Sulit menentukan pilihan. Karena tidak pede dengan konten yang telah dibuatnya. Make up sudah banyak, Vlogger sudah banyak, Komedi sudah banyak. Tapi selain konten kepercayaan diri itu mutlak harus dimiliki Youtuber.

Berikut ini sharianews membahas konten apa saja yang dapat dibuat untuk hijaber yang ingin membangun channel Youtube.

1. Vlogging
Nah ngevlog ini adalah konten paling mudah untuk dibuat. Tidak perlu konsep detail dan editing panjang. Ngevlog cenderung berbicara soal kehidupan sehari-hari, mengomentari dan memberikan pendapat serta mengungkapkan rasa gundah gulananya kepada penonton.

Konten ini lebih mudah, karena membahas hal-hal yang bersinggungan langsung dengannya atau berita viral di sosial media. Beberapa artis juga melakukan hal tersebut untuk menambah ketenarannya.

2. Unboxing dan Review Produk
Review ini juga paling diminati. Karena cenderung mudah. Tidak memerlukan konsep mendalam. Hanya datang ke super market. Cari barang yang unik. Atau membahas produk-produk yang laris di pasaran. Siap foto, lalu komentari dan uji kualitas barang tersebut.

Selain itu, unboxing sebuah produk teknologi juga mendapat pemirsa yang banyak. Kecenderungan masyarakat akan mencari riview, harga sebuah produk teknologi. Karena, ketika sebuah produk baru diluncurkan, jenis video mengenai unboxing akan mulai bermunculan dan akan menjadi perhatian para penonton youtube yang mencari produk teknologi terbaru sebelum memutuskan untuk membeli.

Setelah kamu memperlihatkan penampakan produknya pada saat dibuka dari kotak, kamu bisa langsung mereview product tersebut. Apa saja kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Untuk memulai channel youtube dengan topik unboxing, kamu harus mengeluarkan uang yang cukup banyak.

Tetapi kamu bisa mencari partner/mitra dengan cara mengirimkan contoh video review dan unboxing kamu ke salah satu penjual produk tertentu dengan gaya dan ciri khas kamu.

3. Gaming
Hijaber bermain game? Ada tuh. Iya memang tidak banyak. Tapi beberapa pemain game akan melihat trik bagaimana melewati tantangan yang dihadapinya dalam game tersebut. Game android semakin hari semakin menarik.Orang tidak perlu lagi menyalakan televisi atau menyalakan player. Hanya tinggal buka hp. Hal itu yang membuat video yang mengupas game akan diminati.

Channel gaming PewDiePie adalah salah satu saluran youtube yang sangat terkenal, dengan memiliki 76 juta pelanggan. Channel yang dimiliki oleh Felix Arvid Ulf Kjellberg atau lebih dikenal dengan PewDiePie menampilkan video-video kegilaannya saat sedang bermain video game, dan itu sangat menghibur para penonton.

Jika kamu memang hobi bermain game dan tertarik untuk memulai menjadi youtuber. Tidak ada salahnya kamu mencoba ide channel youtube yang satu ini.

4. Tutorial Makeup, Beauty, Hijab
Antara hijab dengan make up adalah setali mata uang. Bahkan akan banyak dicari oleh milenial hijaber. Jika kamu memiliki kemampuan atau bakat makeup, kamu bisa membuat channel youtube mengenai tutorial makeup and beauty atau tutorial make dan hijab.

Kuncinya ada dua, jika kamu ahli makeup maka buatlah video dengan sempurna. Jika tidak bisa, maka buatlah makeup untuk lucu-lucuan. Karena video yang sedang-sedang saja, artinya tidak bagus banget, tidak jelek banget akan membuat video tidak diminati. Hanya dua pilihan bagus banget atau jelek banget.

5. Tutorial Komputer, Aplikasi, Teknologi
Penggemar komputer yang bingung hanya membaca langkah-langkah install dan lain-lain website cenderung mencari video praktek langsung. Lha, kamu bisa juga membuat channel youtube mengenai tutorial komputer dan membahas seputar teknologi saat ini.

Kamu memerlukan setidaknya sedikit pengetahuan mengenai komputer dan teknologi, agar nantinya video yang kamu miliki menjadi lebih menarik dan penonton menjadi banyak yang suka dan akan menunggu update video berikutnya.

6. Musik
Musik juga memiliki penggemar yang banyak. Karena akan diputar terus oleh penggemar. Mencover musik adalah salah satu hal yang paling banyak dilakukan penyanyi di Youtube.

Artinya mendompleng lagu yang sedang viral. Jadi jika kamu seorang musisi, penyanyi, arranger, atau hobi dibidang musik. Kamu bisa membuat channel youtube tentang music seperti, cara membuat music EDM, menyanyi dan lain sebagainya.

7. Cooking
Bagi yang suka dan sering memasak, tidak ada salah kegiatan memasakmu tiap hari dijadikan video. Atau bagi para pencinta kuliner, kamu bisa memvideokan tukang masak di restoran yang kamu tuju. Bahkan jajanan anak-anak di jalan bisa kamu buat video.

8. Traveling
Channel traveling juga bisa menjadi ide kamu. Tapi syaratnya harus hobi traveling. Karena fill yang akan disampaikan beda bagi yang tidak suka traveling. Bisa naik gunung atau mereview tempat wisata alam atau sejarah. Kamu bisa membuat channel youtube mengenai hal ini, dan merekomendasikan tempat wisata atau tempat-tempat yang keren untuk yang wajib dikunjungi jika didaerah tersebut.

9. Pendidikan
Mengajarpun bisa menjadi channel yang diminati. Contohnya mengajar bahasa, matematika. Karena anak-anak sekarang diarahkan untuk belajar melalui Youtube. Karena bisa diulang-ulang tanpa harus memanggil guru private.

Tinggal kamu sesuaikan dengan skill mengajar yang kamu miliki dan buatlah semenarik mungkin, agar penonton kamu lebih betah dan menantikan update video education selanjutnya.


10. Comedy dan Drama
Kamu hobinya melawak? Standup comedy? Atau Drama tidak ada salahnya kamu mencoba membuat channel youtube mengenai Comedy dengan gaya dan ciri khas lawakan kamu. Kisah cinta islami dengan suamimu. Sudah banyak drama islami seputar keluarga yang viral di sosial media. (*)  

 

Reporter: Munir Abdillah