Senin, 18 Februari 2019
13 Jumada al-akhirah 1440 H
-
Kini mulai ada beberapa restoran Korea yang menyajikan menu-menu khas, untuk memanjakan komunitas pencinta budaya pop Korea di Indonesia. Dan tentu saja sudah bersertifikasi halal. 

 

Kini mulai ada beberapa restoran Korea yang menyajikan menu-menu khas, untuk memanjakan komunitas pencinta budaya pop Korea di Indonesia. Dan tentu saja sudah bersertifikasi halal. 

Sharianews.com, Jakarta. Korean Hallyu – begitu mereka menyebut budaya pop Korea Selatan yang sedang mewabah di berbagai negara. Ada juga yang menyebutnya dengan istilah Korean  Wave.

Hallyu adalah istilah Cina yang, ketika diterjemahkan, secara harfiah berarti "Gelombang Korea". Intinya, kurang lebih mengacu pada popularitas global budaya pop dan ekonomi Korea Selatan yang menjalar lewat hiburan, musik, drama TV, dan film.

Tidak hanya itu, Korea Hallyu juga menyentuh industri makanan. Bersamaan dengan popularitas drama Korsel, budaya makanan kemasan ala Korea juga tidak terelekkan ikut menyertai popularitas aliran musik pop, film, fashion, dan drama televisinya.

Bersamaan dengan itu, restoran khas Korea pun mulai menjamur di negara Asia lainya, tak terkecuali Indonesia.

Kini mulai ada beberapa restoran Korea yang menyajikan menu-menu khas, untuk memanjakan komunitas pencinta budaya pop Korea di Indonesia. Dan tentu saja sudah bersertifikasi halal. 

Apalagi mengingat makanan Korea cukup cocok dengan lidah masyarakat di Indonesia. Namun, yang menjadi kendala bagi orang muslim adalah sertifikasi halalnya.

Meski begitu, kini juga sudah banyak ditemukan restoran Korea yang menyajikan makanan khas Korea berlabel halal.

Berikut ini 7 restoran Korea di Jakarta yang telah dinyatakan halal.

1. Samwon House

Samwon House adalah salah satu retoran Korea di Indonosia yang sudah memiliki label halal. Samwon House, berdiri sejak delapan tahun lalu, tepatnya pada 18 November 2010.

Samwon House, kini telah memiliki tiga cabang di Indonesia. Satu di antaranya ada di Jakarta, tepatnya di Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Layaknya makanan di restoran Korea, Samwon House menampilkan berbagai menu populer seperti set BBQ. Samwon House bisa menjadi alternatif keluarga Anda untuk menikmati masakan korea.

Begitu Anda memasukinya, suasana khas Korea akan langsung terasa. Nuansa khas akan terlihat saat Anda melihat dinding-dinding yang dihiasi dengan baju tradisional Korea. Tak ketinggalan juga berbagai ornamen seperti lampion, tiang merah yang makin memperkuat kesan Korea.

Di Samwon House, pengunjung bisa menikmati aneka menu andalan resto. Cukup dengan merogoh kocek Rp 250 ribu, Anda bisa menikmati menu favorite seperti teokbokko cheese sausage, yaitu rice cake yang disajikan dengan sosis dan disiram saus spesial, bisa untuk dua orang.

"Kita jual menu halal, yang lain ada menu pork dan kita tetap konsisten untuk jual menu halal. 100 persen saya berani jamin itu," kata Arie Priyanto, Marketing Manager Resto Samwon House, sebagaimana dikutip oleh okezone di Samwon House, Jalan Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan.

2. Bon Chon

Jika Anda ingin menikmati sensasi resep masakan ayam ala Korea datanglah ke restoran Bon Chon. Lokasinya di Jalan Rumah Sakit Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan.

Di China ada pepatah yang mengatakan, mereka yang membenci ayam berarti membenci makanan. Nah, entah ada atau tidak korelasi pepatah ini dengan kegemaran orang menyantap menu makanan, faktanya hampir setiap orang menyukai menu makanan jenis ini.

Nah, salah satu menu olahan ayam terbaik yang patut dicicipi adalah Bon Chon, yang bisa kita dapatkan di Restoran Korea ini.

3. Wu Jang Gun

Nah, bagi penyuka jenis makanan bakar-bakaran, restoran Wu Jang Gun bisa menjadi tempat bagi Anda untuk menikmati menu makan bakar-bakaran ala Korea BBQ? Cukup dengan Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu, Anda bisa datang bersama 2-4 orang rekan dan menikmati BBQ ala Korea.

Tidak perlu khawatir kehalalannya, karena semua menu dan bahan baku daging di restoran ini memiliki kualitas baik dan telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

4. Mujigae

Bagi pemburu menu makanan khas Korea, Restoran Mujigae tentu sudah tidak asing lagi. Restoran Korea dengan sertifikat halal ini sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Di Jakarta, misalnya, kita bisa menemukannya di bilangan Jakarta Timur, tepatnya di Mall Kelapa Gading. Kita bisa memilih aneka menu khas Korea, mulai dari jajanan hingga makanan berat, dan tentu saja enak dan halal!

5. Daebak

Daebak ini merupakan salah satu restoran khas Korea terunik. Selain menu makanannya yang lengkap dan tentu saja enak serta halal, di restoran ini para pengunjung juga bisa memilih tempat duduk ala tradisional maupun modern bergaya KPop Style.

Tidak hanya itu, di restoran ini para pengunjung juga bisa ber-swafoto, bersama poster idol, yang lagi ngetop.

6. Yoogane

Yoogane, terletak di Lotte Shopping Avenue Ciputra World lantai 2, Jakarta Selatan. Restoran ini direkomendasikan untuk dicoba. Terlebih bagi para pengunjung yang menyukai makanan khas Negeri Gingseng.

Di Yoogane, para pengunjung dapat memesan menu premium, main course, side dish, cheese founde and soup, serta rice mix. Semua enak dan halal.

7. Mr. Park

Bagi para pecinta makanan khas Korea tentu sudah tidak asing dengan restoran satu ini. Kendati Mr. Park restauran biasanya ada di lokasi premium, seperti di Grand Indonesia,  lantai 5, Jakarta Pusat, namun dengan uang Rp 100 ribu, para pengunjung sudah bisa menikmati menu khas Korea yang disajikan di restoran ini.

Menariknya, restoran ini langsung menggunakan dummy sebagai menu, sehingga setiap pengunjung bisa pesan makanan yang disajikan, persis sesuai  dengan replika tampilan di daftar menunya. Murah, praktis, dan halal. (*)

 

Ahmad Kholil