Jumat, 14 Desember 2018
06 Rabi‘ at-akhir 1440 H
FOTO I Dok. sharianews.com
Resolusi digunakan sebagai tolok ukur, apakah target-target Anda sudah tercapai atau masih sebatas wacana. Sebagai seorang muslim, merencanakan kehidupan agar lebih baik adalah kewajiban.

Sharianews.com, JakartaTanpa terasa tahun 2018 segera berlalu dan tahun baru 2019 akan segera tiba. Menjelang akhir tahun, biasanya tak sedikit orang yang mempersiapkan diri dengan membuat resolusi dan tujuan hidup, agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Apakah Anda termasuk orang yang sering membuat resolusi tahunan? Resolusi digunakan sebagai tolok ukur, apakah target-target Anda sudah tercapai atau masih sebatas wacana. Sebagai seorang muslim, merencanakan kehidupan agar lebih baik adalah kewajiban.

Hal tersebut sesuai dengan hadist Nabi yang berbunyi: “Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat.”

Dalam membuat resolusi tahunan, sebaiknya Anda mulai memutuskan poin-poin apa saja yang harus dipenuhi supaya semua bisa tercapai. Ketahui tujuh hal berikut ini sebelum Anda membuat resolusi:   

1. Buatlah resolusi yang sesuai dengan passion Anda

Hal pertama sebelum membuat resolusi adalah mengetahui terlebih dahulu passion yang Anda ingingkan. Dengan mengetahui passion Anda, akan membuat Anda semakin semangat mencapainya. Passion terbesar Anda adalah energi yang harus dimaksimalkan.

2. Berhati-hatilah dalam membuat resolusi

Dalam agama Islam, berhati-hati merupakan tindakan yang bisa mencegah keburukan. Bahkan Albert Einstein pernah mengatakan hati-hatilah sebelum membuat resolusi. Buatlah resolusi yang benar-benar sesuai dengan keinginan dan kepribadian Anda.

Career Coach Rene Suhardono menganjurkan “Buatlah resolusi yang the truth about you,”.

3. Tuliskan semua resolusi yang ingin Anda capai

Menulis akan membantu Anda mengingat dan mengevaluasi target-target yang ingin Anda capai di tahun mendatang. Bahkan, bukan hanya sekadar menulis resolusinya saja, tetapi juga bagaimana caranya untuk mencapainya.

Sebagai contoh di akhir tahun 2019 mendatang, Anda ingin pergi umroh. Agar bisa tercapai, Anda harus menabung secara rutin setiap bulan hingga akhir tahun mendatang, Anda benar-benar menunaikan ibadah umroh.

4. Menentukan batas waktu resolusi

Ketika Anda menuliskan resolusi di awal tahun baru, tentu saja itu bukan hanya sekadar menulis, tetapi juga harus tahu batas waktu resolusi yang ingin dicapai. Harus terukur sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Untuk mempermudah, tuliskan targetnya dalam tiga kategori: jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

5. Membuat resolusi bukan karena ada paksaan dari orang lain

Saat Anda menulis resolusi, pastikan bahwa keinginan tersebut bukan atas dasar paksaan dari orang lain. Segala sesuatu yang dipaksaan dari pihak luar akan membuat kurang semangat mencapainya. Buatlah berdasarkan keputusan Anda sendiri.

6. Membuat resolusi dan anggaran untuk mencapainya

Beberapa resolusi terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal sederhana bisa dimulai dengan membuat anggaran setiap bulan. Yakinlah, bila Anda disiplin dengan anggaran yang buat, semua resolusi pasti akan lebih mudah tercapai. Anggaran yang Anda buat membantu Anda mengevaluasi target-target yang ingin diraih.

7. Buatlah resolusi yang benar-benar penting

Pastikan ketika Anda membuat resolusi, keinginan tersebut merupakan hal penting. Bukan hal yang sifatnya sederhana dan merupakan rutinitas yang mudah dicapai kapan saja. Bukan tidak boleh, tetapi waktu Anda adalah yang paling penting. Jangan menyia-nyiakan waktu yang Anda miliki.

Hidup adalah pilihan, jika Anda merasa hal di atas dapat membantu mengatur hidup menjadi lebih baik, tentu Anda bisa memulainya saat ini. Selamat mencoba! (*)

 

Achi Hartoyo