Senin, 18 Februari 2019
13 Jumada al-akhirah 1440 H
-
“Allah itu Indah dan mencintai keindahan.” Wanita paham akan hadits Nabi Muhammad,SAW., Ini. Karenanya wanita selalu ingin tampil cantik. Namun agar bernilai ibadah, pilihlah produk dan jenis perawatan kecantikan yang dibolehkan agama.

"Allah itu Indah dan mencintai keindahan.” Wanita paham akan hadits Nabi Muhammad,SAW., Ini. Karenanya wanita selalu ingin tampil cantik. Namun agar bernilai ibadah, pilihlah produk dan jenis perawatan kecantikan yang dibolehkan agama.  

Sharianews.com, Jakarta. Memiliki wajah cantik adalah dambaan bagi setiap wanita. Tak terkecuali para muslimah. Tidak heran para wanita sangat memperhatikan perawatan kecantikannya. Mulai dari kaki hingga ujung rambut.

Sayangnya beberapa jenis perawatan yang ditawarkan kepada wanita muslimah, tidak semua halal. Karena itu, para wanita, khususnya muslimah harus berhati-hati dalam memilih jenis perawatan kecantikan.  

Sebab, bukan rahasia lagi, jika potensi pasar kecantikan ini cukup menggiurkan. Itu dmengapa, demi bisa melayani kebutuhan wanita untuk tampil cantik dan mempesona ini banyak berdiri salon kecantikan untuk menawarkan beberapa produk perawatan kecantikan.

Di antara beberapa produk dan jasa perawatan kecantikan yang disodorkan kepada para wanita muslimah, ini justeru sering tidak diperbolehkan dalam Islam. Berikut ini beberapa contoh perawatan kecantikan yang mesti dihindari.

FOTO | Dok. tipperawatancantik.com

 

1. Menyambung rambut dan tanam bulu mata

Sudah dijelaskan dalam Hadist Rasulullah, SAW bahwasannya umat muslim memang tidak diperbolehkan menyambung rambut. Laknat Allah untuk mereka yang menyambung rambut.

Hal ini berkaitan dengan Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, r.a., yang berbunyi, “Allah SWT melaknat wanita yang menyambung rambut dan meminta untuk disambung rambutnya.” (HR. Bukhari).

Banyak wanita tidak menyadari hal ini. Dan karena mereka tidak puas dengan rambutnya yang pendek, kemudian memilih jenis perawatan ini. Tak terkecuali, terkait dengan hal ini adalah bentuk alis atau bulu mata. Ada saja wanita yang memilih mencukur bulu mata dan menggantinya dengan bulu mata imitasi.

FOTO | Dok. halhalal.com

 

2. Mewarnai rambut dengan warna hitam

Mengecat/mewarnai rambut dengan warna hitam itu tidak dianjurkan oleh Islam  untuk kaum muslimin dan muslimat. Jika rambut telah beruban, maka tidak diperbolehkan diwarnai dengan warnah hitam. Boleh mewarnai rambut, tetapi dengan warna yang berbeda, kecuali hitam.

Dilarangnya mewarnai rambut ini terdapat di salah satu Hadist  Nabi SAW, yaitu : “Ubahlah uban ini dengan sesuatu, tapi hindarilah warna hitam.”(HR. Muslim).

3. Bercampur salon laki laki dan wanita

Para wanita muslimah hendaknya mencari salon untuk perawatan kecantikan yang khusus muslimah. Jangan mencari salon yang bercampur dengan laki-laki. Karena disebutkan di dalam Islam para wanita muslimah menampakan perhiasannya di hadapan laki-laki yang bukan muhrimnya, kecuali pada suami dan ayah kandungnya.

4. Memakai produk kecantikan yang haram

Banyaknya produk kecantikan yang tersebar, sehingga tidak mudah untuk mengetahui asal muasal produk tersebut, sehingga para muslimah harus sangat berat hati dalam memilih produk kecantikan. Pilih yang sudah memiliki logo dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

5. Mencukur alis

Banyak wanita yang belum tahu mengenai hukum mencukur alis di dalam Islam. Pada dasarnya, di dalam islam memang tidak diperbolehkan mencukur alis,  namun sayangnya banyak wanita muslimah yang belum menyadari hal ini, sehingga mereka mencukur alis dan membentuknya, untuk bisa terlihat lebih cantik dan menarik dengan alis buatan.

FOTO | Dok. instant deal

 

Sabda Nabi Muhammad, SAW., “Nabi shallallahu ‘alaihiwasallam melaknat wanita yang mehilangkan bulu alis dan yang meminta dihilangkan bulu alisnya.” (HR abu dawud dan diriwayatkan HR bukhari & Muslim ).

So, jadilah wanita yang cerdas dalam memilih produk dan jasa layanan perawatan kecantikan. Semoga bermanfat. (*)

Reporter : Linda Sarifatun Editor : Ahmad Kholil